Nadiem: Saya Tantang Mahasiswa Indonesia Ikut Kampus Mengajar 2021

Kompas.com - 09/02/2021, 19:41 WIB
Mendikbud saat membuka kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021 DOK. webinar kampus mengajarMendikbud saat membuka kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluncurkan program Kampus Mengajar Angkatan 1 sebagai bagian dari Kampus Merdeka, Selasa (9/2/2021).

Program yang merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini memanggil mahasiswa dari seluruh program studi dan perguruan tinggi di Indonesia untuk berkontribusi, membuat perubahan, seraya mengembangkan diri.

Di tengah upaya memperbaiki mutu pendidikan nasional, terang Nadiem, Indonesia dihadapkan dengan pandemi. Tantangan yang dihadapi pun kian besar khususnya bagi siswa Sekolah Dasar (SD)

Baca juga: KIP Kuliah 2021 Segera Dibuka, Sasar 400.000 Calon Mahasiswa

"Sebagian besar dari mereka harus belajar dari rumah juga tidak bisa bertemu dan bermain dengan teman-temannya. Di samping sejumlah guru dan orangtua murid yang juga harus beradaptasi. Oleh karena itu, dengan Kampus Mengajar 2021, saya ingin menantang kalian untuk juga mengatakan 'saya mau," papar Nadiem saat meluncurkan Kampus Mengajar, Selasa (9/2/2021).

"Saya mau", jelas Nadiem, merupakan semboyan Ibu Kartini yang membuatnya mampu melewati beragam kesulitan dalam memajukan pendidikan.

"Saya mengajak teman-teman mahasiswa dari seluruh Indonesia, untuk beraksi, berkolaborasi dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah dasar, terutama yang di daerah 3T," ajak Nadiem.

Tak hanya itu, program ini juga sekaligus akan mengasah kepemimpinan, kematangan emosional dan kepekaan sosial.

Baca juga: Beasiswa S2 Kominfo 2021 Dibuka, Ini Daftar Kampus dan Syarat

"Saya harap setiap mahasiswa akan menjawab tantangan saya untuk terus memelihara api optimisme dan memberikan kontribusi terbaiknya," imbuh Nadiem.

Minta dukungan pemimpin perguruan tinggi

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem juga meminta dukungan pemimpin perguruan tinggi dan dosen untuk segera melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan mahasiswa agar bisa melakukan hak belajarnya di luar kampus dan di luar program studi dengan difasilitasi dan didukung.

"Perguruan Tinggi harus merevisi kurikulum yang memungkinkan mahasiswa menjalankan berbagi kegiatan kampus merdeka dan tetap lulus tepat waktu,"

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X