Kompas.com - 08/02/2021, 07:19 WIB
Komik misteri dan kriminal, Trace: Recollections of a Forensic Researcher. DOK.M&CKomik misteri dan kriminal, Trace: Recollections of a Forensic Researcher.

Oleh: Diajeng Tyagita Ayuningtyas | Redaksi M&C! 

KOMPAS.com- Sebuah penyelidikan, seringkali dilakukan di ruang Laboratorium Penelitian Forensik. Ruangan yang dimiliki divisi kriminal, di bawah institusi kepolisian. Meski berada di bawah kepolisian, sebuah penyelidikan tak dillakukan demi intitusi atau korban.

Penyelidikan, dilakukan demi menyelidiki kebenaran dan itu menjadikannya sebagai fasilitas yang unik.

Ruang penyelidikan, kriminalitas, kepolisian, dan korban, merupakan kombinasi menarik sekaligus latar utama dari Komik Trace: Recollections of a Forensic Researcher karya Kei Koga.

Baca juga: Ini Kisahku, Bukan Kisah Naruto! Boruto: Naruto Next Generation

Seri ini bisa dibilang unik dalam genre mystery dan crime. Karena, sebagian besar komik yang mengusung genre tersebut lebih fokus pada penyelidikan detektif dalam suatu kasus kejahatan secara langsung.

Sementara Trace membahas bagaimana pemeriksaan barang bukti dilakukan oleh petugas forensik untuk menunjang penyelidikan para detektif dan membantu penangkapan pelaku.

Tokoh utama dalam komik ini adalah Nonna Sawaguchi dan Reiji Mano, dua petugas forensik bidang ilmu kedokteran di Kepolisian Metropolitan Jepang. Alur komik ini bermula dari tokoh Nonna Sawaguchi, seorang gadis yang baru saja menjadi petugas forensik bidang ilmu kedokteran.

Sebagai seorang pemula, dia diminta untuk bekerja di bawah bimbingan Reiji Mano, pemuda genius yang dingin dan memiliki sifat skeptis. Dia tak memedulikan penilaian siapa pun dan tak segan melontarkan kata 'menjijikkan' jika mendengar seseorang mengungkapkan dugaan tak berdasar.

Awalnya, Nonna merasa risih dengan sikap Reiji. Namun, lambat laun dirinya menyadari sifat-sifat itulah yang menjadikan Reiji seorang petugas forensik yang andal.

Reiji selalu memiliki perspektif lain saat melihat suatu kasus dan tak mau menyerah sebelum menemukan apa yang dia sebut sebagai kepingan kebenaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X