Kompas.com - 04/02/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi ruangan bermain anak di rumah, anak bermain di rumah. PEXELS/COTTONBROIlustrasi ruangan bermain anak di rumah, anak bermain di rumah.

KOMPAS.com - Anaknya mulai aktif ya bun? Sering mendengar kalimat itu? Atau bahkan mengalaminya langsung?

Mempunyai anak usia balita atau di awal Sekolah Dasar (SD) memang membutuhkan tenaga ekstra dalam melakukan pendampingan. Apalagi jika si anak tergolong anak yang super aktif.

Melansir dari laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, ada enam hal yang bisa menjadi tips parenting dalam mendampingi anak super aktif.

1. Bukan sesuatu yang harus disesali.

Sebaliknya, orangtua harus bersyukur. Ketika anak aktif, hal ini menunjukan segenap panca inderanya bekerja. Maka, kita tidak perlu meredam keaktifan anak.

Baca juga: Kemendikbud: Ini Manfaat Anak Aktif Bergerak dan Cara Melatihnya

Tetapi cukup dengan memberikan sarana untuk mengeluarkan energi dan daya kreativitasnya. Jadi yang tepat, bukan dibatasi atau diatasi apalagi dihilangkan, melainkan disalurkan.

2. Tantang lewat pembatasan waktu.

Misalnya dengan mengatakan, "Oke, nak sekarang saatnya kita membereskan mainan. Paling lama 10 menit dari sekarang ya,".

Dengan ajakan seperti ini, si anak akan tertantang untuk menepati jatuh waktu yang diberikan.

Pembatasan waktu tersebut membantunya untuk fokus atau berkonsentrasi membereskan mainan.

Anak super aktif adalah anak yang percaya diri dan senang jika dirinya mampu meraih prestasi. Penghargaan atas dirinya akan semakin meningkat.

3. Jangan biarkan pikiran kosong.

Ia tidak bisa berada dalam situasi hening dan tidak melakukan apa-apa.

Baca juga: 4 Perubahan Perilaku Anak yang Perlu Diwaspadai Saat Belajar di Rumah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X