Kompas.com - 02/02/2021, 20:01 WIB
Belajar menulis bersama Gramedia Writing Project diikuti SMP Don Bosco II Jakarta pada Januari 2021
DOK. REKATABelajar menulis bersama Gramedia Writing Project diikuti SMP Don Bosco II Jakarta pada Januari 2021

 

Oleh: Annisa Ardiani | Content Writer Rekata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memantik berbagai kegiatan pelatihan saat ini dapat dilakukan dengan membuka kelas online. Tak hanya belajar di rumah dilakukan secara daring. Beberapa keahlian lain pun bisa diasah hanya melalui layar laptop.

Bagi yang memiliki hobi menulis, GWP atau Gramedia Writing Project bisa menjadi sebuah wadah menunjukkan karya mereka. Komunitas penulis online ini diinisiasi Rekata yang merupakan bagian dari Kompas Gramedia.

Untuk mengasah bakat menulis di kalangan pelajar, GWP mengadakan program Belajar Bersama GWP yang diselenggarakan secara virtual bersama sastrawan Seno Gumira Ajidarma pada 8 Januari 2021 silam.

Baca juga: Orangtua, Yuk Ajari Anak Menulis Cerpen

Melalui program edukasi ini, para siswa bisa belajar menulis langsung dari ahlinya. Kali ini, program edukasi tentang menulis cerita diberikan bagi pelajar sekolah menengah.

Disamping itu, GWP juga bekerja sama dengan SMP Don Bosco II Jakarta melaksanakan workshop menulis cerita bersama Aghnia Sofyan. Salah satu penulis dan Pemenang The Writer’s Show GWP 2020.

Meski diadakan secara virtual, para peserta sangat antusias mengikuti semua sesi workshop ini.

Diharapkan, melalui virtual workshop ini bisa mengasah kreativitas para siswa dalam menulis. Selain itu kemampuan itu bisa diasah dengan dampingan langsung dari pembicara yang berkecimpung di dunia kepenulisan.

Baca juga: Hardiknas, Saya Menulis Ini dengan Tetes Air Mata...

Workshop ini dilakukan secara interaktif sehingga para siswa mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam.

Pada sesi bersama SMP Don Bosco II Jakarta, para siswa belajar berbagai hal saat menulis. Mulai dari bagaimana cara menentukan motivasi menulis, memilih tema yang tepat, serta menentukan tokoh dan sudut pandang yang diambil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.