Kompas.com - 02/02/2021, 17:09 WIB
KIP Kuliah Dok. KemendikbudKIP Kuliah

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melanjutkan pemberian bantuan dana pendidikan melalui skema Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) di tahun 2021 kepada calon mahasiswa dan mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Aris Junaidi mengatakan pendaftaran KIP Kuliah di tahun 2021 akan segera dibuka.

Pembukaan pendaftaran KIP Kuliah, terang Aris, akan bersamaan dengan pendaftaran dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta seleksi masuk PTN lainnya.

Baca juga: Targetkan 1 Juta Mahasiswa di 2021, Ini Ragam Manfaat KIP Kuliah

"KIP-K ini tentu akan bersamaan dibuka pendaftarannya disamakan dengan SNMPTN, SBMPTN, nanti tinggal memilih kalau mendaftar nanti ada pilihan bahwa dia akan mengambil di bidik misi dan seterusnya," paparnya dalam Pelatihan Jurnalistik Program Fellowship Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan secara daring, Kamis (28/1/2021).

Aris mengatakan, target KIP Kuliah cukup besar yakni mencapai 400.000 KIP kuliah.

"Targetnya cukup fantastik ya, ada 400.000-an yang didanai nantinya untuk kita, sehingga siap-siap saja. Selama mahasiswa itu memang memenuhi kriteria untuk menerima KIP-K, maka dia boleh untuk mendaftar," imbuh Aris.

Tahun 2020, manfaat yang dirasakan calon mahasiswa penerima KIP Kuliah antara lain pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah, serta Bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000.

Baca juga: 100 Kampus Negeri dan Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Ragam pembiayaan bagi mahasiswa pada 2021

Di tahun 2021, selain KIP Kuliah Aris juga memaparkan ragam pembiayaan yang disediakan pemerintah melalui Kemendikbud. Salah satunya bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar.

"Mahasiswa yang mau membantu kampus mengajar didanai UKT-nya, living cost-nya, allowance-nya, kemudian yang ikut training dengan mitra yang kredibel juga ikut didanai," terangnya.

Tak hanya itu, bantuan pembiayaan juga diberikan untuk mahasiswa yang menjalani program-program kewirausahaan hingga Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X