Kompas.com - 02/02/2021, 08:49 WIB
Ilustrasi KOMPAS/DIDIE SWIlustrasi
|

KOMPAS.com - Secara resmi, salah satu perwira menengah polisi berpangkat Kombes Pol berhasil meraih gelar doktor di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Gelar tersebut diberikan kepada Dr. Susilo Teguh Raharjo karena telah mampu mempertahankan tugas akhir dalam bentuk disertasi pada ujian terbuka pada Jumat 29 Januari 2021.

Melansir laman Unnes, Jumat (29/1/2021), Dr. Susilo tersebut mengangkat tema yang menarik, yakni tentang pendidikan karakter bagi Taruna Akademi Kepolisian (Akpol).

Adapun judul tugas akhir dia ialah "Model Pembelajaran, Pelatihan, dan Pengasuhan Akademi Kepolisian untuk Pendidikan Perwira Polisi Profesional pada Era Modern".

Baca juga: Ingin Kuliah Unnes? Ini Daftar 71 Prodi Jenjang S1

Pentingnya pendidikan karakter

Dari judul itu tentu sangat penting dan cocok untuk generasi muda saat ini, secara khusus bagi Taruna Akpol.

Apalagi suatu penelitian tentang pentingnya pendidikan karakter sebagai pondasi dalam membentuk nilai-nilai bagi Taruna Akpol, pendidikan karakter tersebut diwujudkan dalam karakter kebhayangkaraan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Dr. Susilo, pendidikan karakter merupakan sebuah komponen yang penting dalam setiap fase pendidikan, tidak hanya bagi tingkatan dasar tetapi pendidikan karakter dapat diaplikasikan pada setiap jenjang pendidikan.

"Keberadaan pendidikan karakter yang perlu diintegrasikan ke dalam suatu model pendidikan pada lingkungan Taruna Akademi Kepolisian adalah suatu aspek yang esensial," terangnya.

Pendidikan karakter tersebut diwujudkan dengan adanya karakter kebhayangkaraan yakni:

1. Nilai-nilai yang dianut oleh setiap Taruna untuk bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X