Kompas.com - 02/02/2021, 07:23 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi isolasi mandiri virus corona, Covid-19
|

KOMPAS.com - Virus Corona atau Covid-19 hingga kini masih menjadi ancaman bagi semua orang. Bahkan banyak menyerang orang yang tanpa gejala.

Bagi para mahasiswa atau masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala, maka maka harus memerhatikan tata laksana atau prosedur isolasi mandiri di rumah.

Apa saja yang harus dilakukan? Informasi dilansir dari akun Instagram Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yang bersumber dari Buku Saku Protokol Tatalaksana Covid-19 Kemenkes.

Baca juga: Siswa, Orangtua dan Guru Wajib Paham! Ini 8 Protokol Isolasi Mandiri

Berikut adalah edukasi non-farmakologis pasien tanpa gejala:

1. Ukur suhu tubuh

Jika kamu melakukan isolasi mandiri di rumah, maka sebaiknya punya alat ukur suhu tubuh dan selalu ukur dan catat suhu tubuh 2 kali sehari, setiap pagi dan malam hari.

2. Gunakan masker ke luar kamar

Selalu gunakan masker jika kamu keluar kamar dan saat berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. Meski di dalam rumah tapi harus pakai masker.

3. Sering cuci tangan

Ini sangat penting, yakni kamu harus cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer sesering mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X