Kompas.com - 01/02/2021, 18:31 WIB
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Disamping itu, sejak awal 2021 juga dilanda bencana alam.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga 28 Januari 2021 tercatat sebanyak 236 bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Adapun bencana yang terjadi di Indonesia itu didominasi oleh banjir. Hal ini mengingat sekarang intensitas hujan masih cukup tinggi.

Karena ada bencana, pasti ada tempat pengungsian. Untuk itu dibutuhkan tips aman untuk pengelolaan pengungsian selama pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Lulusan UNS Ini Jadi Kepala Sekolah pada Usia Muda, Simak Kisahnya

Selain mengungsi di rumah saudara, banyak pula masyarakat yang tertimpa musibah bencana mengungsi di barak-barak pengungsian.

Dengan situasi pandemi yang tak kunjung henti ini, barak-barak pengungsian bisa menjadi salah satu klaster penyebaran Covid-19.

Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Rita Noviani membagikan tips aman.

Dijelaskan, perlu adanya penanganan khusus di tenda pengungsian. Kalau bisa pengungsi diberi tempat di bangunan pemerintahan agar lebih aman.

"Namun, kalau tidak bisa ya terpaksa harus di tenda dan pengelola pengungsian harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan," ujar Dr. Rita dikutip dari laman UNS, Senin (1/2/2021).

Berikut ini 5 tips aman yang dibagikan Dr. Rita:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.