20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021, Ada 3 PTS yang Masuk

Kompas.com - 01/02/2021, 08:39 WIB
Tangkapan layar website Webometrics edisi Juli 2020 Tangkapan layar website Webometrics edisi Juli 2020
|

KOMPAS.com - Di awal tahun 2021, salah satu lembaga pemeringkatan universitas dunia yakni Webometrics Ranking of World Universities merilis daftar universitas terbaik di dunia.

Indonesia dengan berbagai perguruan tinggi atau universitas juga masuk di dalamnya. Kali ini, siapa yang menjadi kampus terbaik Indonesia pada 2021?

Melansir laman Webometrics, salah satu PTN di Yogyakarta yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics.

Untuk tahun ini, ada sebanyak 31 ribu perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan Webometrics.

Baca juga: Kampus Ini Jadi PTS Terbaik DIY-Jateng Versi Webometrics

UGM menduduki peringkat 1 di Indonesia, sedangkan di tingkat dunia, UGM menempati peringkat 810.

Adapun penilaian yang dilakukan webometric terdiri dari tiga indikator yakni impact atau visibility, openness atau trasnparency, serta excellence.

Sedangkan di bawah UGM atau di peringkat kedua ialah Institut Pertanian Bogor (IPB). IPB sendiri menduduki peringkat 1.088 dunia.

Di tempat ketiga kampus terbaik Indonesia ialah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan peringkat 1.089 dunia.

Berikut ini daftar 20 kampus terbaik Indonesia versi Webometrics pada 2021. Dari ke-20 kampus itu terdapat 3 kampus swasta yang berhasil masuk 20 besar universitas terbaik di Indonesia.

Ini daftar 20 universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics 2021:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X