Kompas.com - 31/01/2021, 07:39 WIB
Ilustrasi ilmuwan melakukan penelitian dengan menggunakan tikus di laboratorium. SHUTTERSTOCK/GorodenkoffIlustrasi ilmuwan melakukan penelitian dengan menggunakan tikus di laboratorium.

KOMPAS.com - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) membuka program studi (Prodi) baru, yaitu Magister Fisika Medis.

Prodi baru di tahun ajaran 2021/2022 ini tertuang dalam Keputusan Rektor UI Nomor: 2256/SK/R/UI/2020 pada tanggal 14 Desember 2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Fisika Medis pada program magister FMIPA UI.

Melansir dari laman ui.ac.id, prodi ini sebelumnya merupakan peminatan Fisika Medis yang telah dikembangkan selama 20 tahun di Departemen Fisika FMIPA UI.

Kemudian, didirikannya prodi ini, dengan tujuan untuk menghasilkan fisikawan medik yang berkompeten.

Sebab, saat ini rumah sakit dalam pelayanan radioterapi, radiodiagnostik, dan kedokteran nuklir membutuhkan fisikawan medis.

Baca juga: Masuk Soshum UI 2021, Cek Jumlah Prodi hingga Persaingannya

"Kemajuan inovasi teknologi di bidang medis membutuhkan tenaga ahli yang profesional di bidang fisika medis, sehingga para calon mahasiwa tidak perlu khawatir akan prospek kerja lulusan prodi ini," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prospek kerja

Untuk peluang karirnya, bagi lulusan Prodi Fisika Medis di antaranya adalah dapat bekerja di industri alat kesehatan atau menjadi spesialis produk di perusahaan alat kesehatan.

Kemudian, lulusan fisika medis bisa bekerja di pusat penelitian dan pengembangan. Tidak hanya itu, para fisikawan medis juga bisa menjadi pemangku kebijakan di kementerian kesehatan atau Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Nah, bagi lulusan prodi ini wajib mengikuti program residensi klinis selama minimal dua tahun di bawah pembimbing klinis berkualifikasi untuk memperoleh sertifikat kompetensi.

Lulusan yang berhasil meraih sertifikat kompetensi tersebut akan diberikan Surat Tanda Registrasi (STR) Fisikawan Medik dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.