Kompas.com - 30/01/2021, 13:06 WIB
Ilustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Orangtua perlu memahami karakteristik cara belajar anak usia 5-12 tahun. SHUTTERSTOCK/TravelpixsIlustrasi anak belajar daring, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Orangtua perlu memahami karakteristik cara belajar anak usia 5-12 tahun.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, demi memperoleh hasil nyata terkait sudah banyaknya sekolah yang melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Namun, fakta di lapangan bukan seperti itu. Karena masih banyak daerah di Sukabumi, khususnya bagian selatan yang masih banyak blank spot, sehingga tak bisa melakukan PJJ.

Baca juga: Alumni ITS Donasikan 530 Smartphone Buat Siswa PJJ

"Karena masih banyak blank spot, sekolah di Sukabumi banyak tidak bisa PJJ, perlu dukungan dari Kemenkominfo dan provider untuk tambah tower," kata Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf Macan Effendi melansir laman DPR, Sabtu (30/1/2021).

Kasus di Sukabumi, bilang dia, tidak boleh berfikir secara bisnis. Namun, harus memikirkan bagaimana generasi dan anak Indonesia tetap bisa belajar.

Tepat tidaknya sasaran dari program bantuan kuota gratis internet, kemudian menjadi persoalan selanjutnya.

Dia mengungkapkan, kuota yang diberikan pemerintah, masih terdapat daerah yang 60 persen siswanya masih belum mendapatkan jatah kuota gratis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal Oktober 2020 lalu, Kemendikbud telah menerbitkan kebijakan Program Bantuan Kuota Internet Tahun 2020 dengan anggaran mencapai Rp 7,2 triliun.

Meski kebijakan itu sempat menuai pro dan kontra dari masyarakat dan pelaku pendidikan.

Dia menegaskan, masih banyaknya anak-anak yang belum memperoleh kuota internet gratis, ini menjadi tanda tanya.

Apakah selama penyaluran itu benar-benar menggunakan data Dapodik atau tidak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X