Ingin Anak Sukses di Era Digital, Ini Tips Penting bagi Orangtua

Kompas.com - 27/01/2021, 14:48 WIB
Ilustrasi teknologi layar sentuh (touchscreen) di berbagai perangkat penunjang kehidupan manusia. Ilustrasi teknologi layar sentuh (touchscreen) di berbagai perangkat penunjang kehidupan manusia.

KOMPAS.com- Semakin pesatnya dunia digital dan teknologi, semakin terbuka lebar pula aneka pekerjaan yang berkaitan dengan dunia digital.

Dari data World Economic Forum, pada 2020-2025 akan ada evolusi tenaga kerja akibat kemajuan teknologi. Anak generasi saat ini, juga sudah memiliki skill atau kemampuan yang berbeda jauh dengan generasi sebelumnya.

Otomatis, skill yang terintegrasi dengan dunia digital dan teknologi melahirkan model pekerjaan yang baru.

Meskipun, pada tahun 2020 hingga kini seluruh dunia terdampak pandemi Covid 19, di mana ekonomi dan kesehatan merosot tajam, nyatanya banyak masyarakat mampu beradaptasi dan beralih ke dunia digital.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar untuk SD-SMA

Misalnya, bisnis yang dikembangkan melalui online, hingga banyaknya aplikasi lifestyle dan pendidikan yang dapat diunduh.

Nah, merangkum dari Robologee, justru hal ini bisa menjadi peluang emas untuk generasi yang baru. Terutama, anak-anak yang sedang bertumbuh.

Anak-anak bisa diarahkan banyak kemampuan berkaitan dunia digital. Misalnya, keterampilan teknologi seperti pengkodean dan analitik data.

Namun sebelum diarahkan, anak-anak wajib memiliki satu keterampilan yang sangat penting dan harus ada. Yakni, pemecahan masalah atau problem solving.

Jenis Pemecahan Masalah Paling Penting

Di sekolah, anak-anak sudah diajarkan bagaimana memecahkan masalah. Misalnya, memecahkan masalah soal matematika atau sains dan keilmuan lainnya.

Baca juga: Seperti Ini Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Indonesia Pintar

Saat anak diajak melakukan pemecahan masalah, otomatis aktivitas ini membuat otak anak terus berkembang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X