UNY Miliki Rektor Baru Periode 2021-2025

Kompas.com - 27/01/2021, 13:33 WIB
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Shutterstock/SunhajiKampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY) memiliki rektor baru, yakni Sumaryanto. Rektor baru ini akan mengemban amanah di periode 2021-2025.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNY, Moh. Farozin mengatakan, pemilihan rektor dari tiga kandidat, yakni Sumaryanto, Siswantoyo, dan Lantip Diat Prasojo.

Baca juga: UNY Bakal Gelar Kuliah Tatap Muka, Berikut Syarat bagi Mahasiswa

Berdasarkan peraturan pengangkatan dan pemberhentian rektor perguruan tinggi negeri (PTN), yakni suara Mendikbud memiliki 35 persen dan Senat kampus memiliki 65 persen hak suara di pemilihan rektor.

"Hasilnya Sumaryanto menjadi Rektor UNY untuk periode 2021-2025," ungkap Farozin melansir laman UNY, Rabu (27/1/2021).

Dia mengaku, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud Arif Junaidi mewakili suara dari Mendikbud Nadiem Makarim dalam pemilihan Rektor UNY.

Berdasarkan aturan yang ada, anggota Senat UNY yang berjumlah 49 orang masing-masing memiliki satu suara, sedangkan suara dari Kementerian sebanyak 26 suara.

Jadi total suara dari pemilihan Rektor UNY ada sebanyak 75 orang.

Pada saat pemilihan, Sumaryanto meraih 59 suara, Siswantoyo meraih 7 suara, sedangkan Lantip memperoleh 8 suara.

Sedangkan suara yang gugur atau tidak sah dalam pemilihan rektor ada sebanyak 1 suara.

Baca juga: UGM Rekrut 9.000 Calon Mahasiswa Lewat 3 Seleksi

"Senat akan membuat laporan pelaksanaan pemilihan rektor. Lalu hasilnya dikirimkan ke Kemendikbud untuk diproses lebih lanjut," kata Farozin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X