Terkait PPKM, Layanan Perpusnas Tutup sampai 8 Februari 2021

Kompas.com - 26/01/2021, 16:51 WIB
Perpusnas melakukan penyemprotan cairan disinfektan. DOK. PERPUSTAKAAN NASIONALPerpusnas melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

KOMPAS.com -  Perpustakaan Nasional ( Perpusnas) memperpanjang pemberlakuan waktu tutup layanan onsite Gedung Layanan Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta, mulai 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021.

Dengan demikian, semua aktivitas layanan fisik dihentikan sementara lantaran diperpanjangnya penerapan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) di sejumlah daerah di Jawa dan Bali.

Sebelumnya, Perpusnas menutup layanan onsite pada 12 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021.

Meski layanan fisik ditutup, masyarakat tetap bisa mengakses layanan daring yang disediakan Perpusnas.

"Sejumlah layanan daring bisa diakses selama 24 jam dan tanpa dipungut biaya," ujar Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando melalui rilis resmi (26/1/2021).

Layanan tersebut salah satunya aplikasi buku digital iPusnas, yang menyediakan 736.099 salinan buku dari 62.633 judul.

“Satu-satunya perpustakaan nasional di seluruh dunia yang punya digital rights management di mana semua orang bisa membaca buku full text kapan dan di mana saja,” jelasnya pada Selasa (26/1/2021).

Selain itu, tersedia layanan di laman e-Resources yang memuat jurnal dan karya referensi elektronik lainnya, laman Indonesia OneSearch (IOS) yang menjadi akses ke seluruh koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia.

Baca juga: Sadar Bahaya Gawai bagi Anak-anak, Kominfo Tekankan Pentingnya Literasi Digital

 

Ada juga laman Khastara yang menampilkan koleksi alih media berbagai bahan perpustakaan tercetak dan analog ke format digital, pendaftaran keanggotan melalui keanggotaan. perpusnas.go,id.

Selain itu ada pula fitur Tanya Pustakawan guna membuka interaksi langsung melalui chat antara masyarakat dengan pustakawan di beranda laman https://www.perpusnas.go.id/

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X