UT Bebaskan SPP Mahasiswa Terdampak Bencana, Begini Ketentuannya

Kompas.com - 26/01/2021, 15:36 WIB
Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Antara FotoWarga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021).

KOMPAS.com - Bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia memberikan duka yang mendalam bagi masyarakat.

Mulai dari banjir bandang di Kalimantan Selatan dan Manado, hingga gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat dan longsor di Garut. Dampaknya, sektor ekonomi dan pendidikan lumpuh di wilayah yang terkena bencana.

Termasuk, mahasiswa yang studi di luar kota domisili mau tidak mau ikut merasakan dampak dari bencana ini. Misalnya, terhambatnya uang saku hingga uang kuliah.

Untuk membantu hal tersebut, bagi mahasiswa yang studi di Universitas Terbuka (UT), bisa memanfaatkan penawaran yang diberikan kampus.

Merangkum dari laman ut.ac.id, pihak kampus akan memberikan bantuan dalam bentuk pembebasan SPP kepada mahasiswa yang terdampak bencana alam.

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka Jalur SBMPTN Setelah 100 Beasiswa SNMPTN 2020

Ketentuan pemberian bantuan pembebasan SPP bagi mahasiswa terdampak bencana alam, sudah diatur dan disosialisasikan melalui laman sebagai berikut:

1. Mahasiswa yang melakukan registrasi pada masa registrasi 2020/21.2 (2021.1) untuk terdampak banjir dan mahasiswa yang melakukan registrasi masa registrasi 2020/21.2 (2021.1) atau 2021/22.1 (2021.2) untuk terdampak gempa bumi/longsor.

2. Berlaku bagi mahasiswa program Diploma dan Sarjana.

3. Mahasiswa tidak sedang menerima beasiswa lain yang bersumber dari APBN/APBD/CSR, dan sumber lainnya.

4. Mengalami kendala pembiayaan untuk melanjutkan studi yang diakibatkan oleh ekonomi diri sendiri, orang tua/wali menurun atau tempat tinggal keluarga rusak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X