Baru 21 Tahun, Maya Jadi Mahasiswa Termuda Program Doktor ITB

Kompas.com - 23/01/2021, 09:59 WIB
Ilustrasi mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa adalah impian kebanyakan orang dan tidak semua orang dapat mengenyam bangku perkuliahan tersebut.

Maya Nabila berkesempatan jadi mahasiswi termuda di jenjang pendidikan S3 atau Doktor ITB pada PMB ITB Tahun Akademik 2021/2022 dalam usia 21 tahun.

Baca juga: Perempuan Usia 79 Tahun Raih Gelar Doktor di ITB

Maya Nabila mengambil Program Studi Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB.

Perempuan kelahiran Padang, 9 Mei 1999, memasuki SD dalam usia yang sangat muda, yaitu lima tahun.

Pada saat jenjang SMA, dia mengambil program akselerasi sehingga lulus pendidikan SMA hanya dalam kurun waktu dua tahun.

Ditambah lagi lulus pendidikan sarjana kurang dari empat tahun.

Sejak dari anak-anak, Maya Nabila memang senang bersekolah dan suka belajar hal baru.

"Alhamdulillah ada kesempatan lanjut S2/S3 dengan program PMDSU, mungkin juga faktor lingkungan keluarga, soalnya papa juga kuliah sampai S3," kata dia melansir laman ITB, Sabtu (23/1/2021).

Saat kuliah S2 di ITB, dia memperoleh beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti.

Dia sempat memiliki kendala harus menyesuaikan pelajaran yang sebelumnya didapatkan saat mengambil studi sarjana pada Universitas Andalas Prodi Matematika.

Baca juga: Unri Buka Tiga Jalur Seleksi untuk Calon Mahasiswa Baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X