Mana yang Lebih Efektif, Belajar di Siang Hari atau Malam Hari?

Kompas.com - 22/01/2021, 17:18 WIB
Ilustrasi mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Berdasarkan survei yang dilakukan platform pembelajaran Zenius Education melalui Twitter, sebanyak 92 persen siswa pengguna Zenius lebih memilih belajar pada malam hari. Sementara, hanya 8 persen yang memilih belajar di siang hari.

Meski berbeda waktu, belajar di siang atau malam hari nyatanya sama-sama memiliki kelebihan. Salah satu kelebihan belajar di siang hari ialah kamu masih memiliki banyak energi untuk menyerap informasi baru.

Belajar di siang hari juga efektif meningkatkan semangat belajar karena adanya cahaya alami matahari yang membuat mata relatif terjaga alias tidak mudah mengantuk.

Baca juga: Survei: Dua Metode Belajar Ini Tingkatkan Peluang Lolos UTBK

Termasuk memberikan kamu kesempatan untuk berdiskusi secara online bersama teman-teman dengan durasi yang lebih lama. Sehingga, lebih banyak materi yang dapat didiskusikan.

Meski begitu, belajar di malam hari juga menawarkan serangkaian kelebihan, salah satunya minim gangguan dari luar sehingga membuat kamu lebih mudah konsentrasi.

Selain itu, tidur setelah belajar juga terbukti dapat membantu memaksimalkan kinerja memori pada otak.

Jadi, kapan waktu belajar terbaik?

Jam belajar efektif ternyata bukan soal siang atau malam. Melainkan ketika otak berada dalam "acquistion mode" yakni dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang serta jam 4 sore hingga 10 malam.

Baca juga: 3 Jalur Masuk UI Ini Tawarkan Beasiswa dan Penyesuaian Biaya Kuliah

Dengan begitu, belajar siang atau malam tidak masalah, yang terpenting ialah bagaimana kamu menerapkan pola belajar aktif, sehingga tanpa perlu waktu berjam-jam belajar akan efisien.

CEO Zenius Rohan Monga mengatakan, sekitar 80 persen dari 15.000 pengguna Zenius yang lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Juli 2020 lalu telah menggunakan metode pembelajaran aktif.

"Rata-rata, masing-masing dari mereka juga menjawab sekitar 400 pertanyaan atau sekitar 13 pertanyaan per video konsep yang ada di Zenius," paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X