Universitas Brawijaya Buka Jalur Rapor di Seleksi Mandiri 2021

Kompas.com - 21/01/2021, 12:25 WIB
Suasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019) KOMPAS.com/ANDI HARTIKSuasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019)

KOMPAS.com- Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Brawijaya ( UB), kini bisa menggunakan nilai rapor melalui Jalur Rapor di Seleksi Mandiri 2021.

Dengan begitu, calon mahasiswa tidak hanya bisa bergantung pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) saja.

Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik, dan Kerjasama UB, Hery Prawoto mengatakan jalur rapor ini bagian dari Seleksi Mandiri UB (SMUB). Sebab, untuk Seleksi Mandiri UB, terbagi lagi ke dalam dua jalur khusus, yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jalur rapor.

Baca juga: Mau Ikut SNMPTN 2021? Perhatikan 8 Hal Penting Ini

"Bagi peminat SMUB, yang tidak bisa mengikuti UTBK dapat menggunakan jalur rapor," jelasnya melansir webinar sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN UB, Rabu, (20/1/2021).

Hery mengatakan, dalam jalur rapor peserta akan diminta menambahkan portofolio prestasi akademik dan nonakademik. Hal itu bakal menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa baru saat seleksi di jalur mandiri.

"Untuk alurnya, akan ada aktivasi di laman admisi. ub.ac.id, di sana nanti calon mahasiswa mengisi biodata hingga cetak kartu peserta. Nanti informasi lengkapnya juga bisa dilihat di selmaub.ac.id," terang Hery.

Baca juga: Mau Ikut SNMPTN 2021? Perhatikan 8 Hal Penting Ini

Dia memaparkan, jika peminat SMUB tak kalah dengan SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi SMUB terbilang ketat, walaupun kuota yang disediakan mencapai maksimal 50 persen dari total daya tampung keseluruhan.

"SMUB peminatnya di tahun 2020 ada 42.505 peserta, yang diterima hanya 5.605, artinya hanya 13 persen. Artinya bahwa UB sangat selektif untuk memilih yang terbaik dari siswa Indonesia," terangnya.

Dari semua jalur (SNMPTN, SBMPTN, SMUB dan Vokasi), peserta seleksi berjumlah 139.697 dan yang diterima hanya 17.692 mahasiswa. Secara persentase, hanya sekitar 13 persen total pendaftar yang diterima di UB.

Ia mengatakan, UB selektif dalam memilih mahasiswa yang masuk di berbagai jalur yang tersedia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X