Kompas.com - 14/01/2021, 15:58 WIB

KOMPAS.com- Agar mahasiswa tingkat akhir bisa memiliki karier cemerlang, tentu harus punya keterampilan sebagai modal utama dalam berkarier.

Modalnya sendiri, bisa berupa hard skill maupun soft skill. Hal ini, perlu dipersiapkan sebelum terjun di dunia kerja.

Nah, untuk hard skill sendiri berupa keahlian yang didapatkan dari pendidikan formal. Misalnya, kursus, program sertifikasi, maupun pelatihan.

Sementara soft skill adalah keahlian yang bisa ditunjukkan dari sikap dan sifat dari dalam diri individu. Untuk mempelajari soft skill, diperlukan kecerdasan emosional dan empati. Hal tersebut dapat dilatih dengan menerapkan soft skill dalam aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 4 Alasan Penting Mahasiswa Perlu Asah Soft Skill Sejak Kuliah

Memperoleh kedua keahlian ini, tentu bisa diasah di institusi yang memiliki pelatihan untuk hard skill dan soft skill.

Apalagi, saat ini dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 di mana jenis pekerjaannya makin beragam dan terkoneksi dengan digitalisasi. Mulai dari content creator, web developer, app developer, hingga bidang DKV.

Merangkum dari Institut Teknologi Batam (ITEBA), yang unggul di bidang teknologi, kali ini ada tips bagi mahasiswa tingkat akhir untuk bisa mengasah skill. Apa saja ya?

Mampu mengoperasikan komputer

Di era teknologi seperti saat ini, hampir seluruh pekerjaan melibatkan teknologi dan komputer. Skill ini, perlu dimiliki semua mahasiswa. Mulai dari pengetahuan dasar tentang ilmu komputer sampai cara mengoperasikannya.

Baca juga: Lowongan Tutor UTBK 2021, Terbuka untuk Mahasiswa dan Umum

Misalnya, kamu ingin bekerja di bidang pengolahan data. Otomatis, harus bisa mengoperasikan komputer atau laptop untuk menjalankan aplikasi analisa data. Termasuk, untuk membuat presentasi laporan. Oleh karena itu, kamu harus menguasai teori dan praktik komputer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.