Kompas.com - 11/01/2021, 14:29 WIB
Ilustrasi mahasiswa di kampus. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi mahasiswa di kampus.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021 bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan D3 di Politeknik Negeri.

Jalur SNMPN 2021 ini terbuka bagi siswa lulusan SMA, SMK, hingga Madrasah Aliyah (MA).

Baca juga: Pendidikan Vokasi Kerek Keterampilan 4.000 Guru dan Kepsek di 2021

"SNMPN 2021 ini hanya fokus untuk politeknik negeri dan khususnya untuk jenjang D3," ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Indonesia Kemendikbud Wikan Sakarinto secara daring, Senin (11/1/2021).

Adapun jenjang D4 atau sarjana terapan, kata Wikan, sudah ikut dengan seleksi perguruan tinggi negeri (PTN) lewat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Wikan mengaku, jalur SNMPN 2021 sudah menjadi sistem terpadu bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah D3 di Politeknik Negeri.

Pelaksanaan SNMPN 2021, bilang dia, akan dilakukan serentak melalui prestasi akademik siswa.

Calon mahasiswa harus ikut dari hati

Untuk itu, dia berharap, banyak siswa SMA, SMK, dan MA yang memilih jalur SNMPN 2021 bukan karena keterpaksaan. Namun, datang dari hati.

"Bukan karena ikut-ikutan, tapi karena paham siapa dirinya dan mau jadi orang ke depannya," jelas dia.

Baca juga: Langkah Mendikbud Nadiem Tingkatkan Taring Pendidikan Vokasi

Dia menegaskan, apabila sekolah dan siswa berminat ikut SNMPN 2021, maka bisa mendaftar dan mengisi data lewat laman, yakni www.snmpn.politeknik.or.id.

Pengisian data, bilang dia, sekolah bisa melakukannya mulai 11 Januari hingga 12 Maret 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X