Tahun Ini, Diktis Kemenag Tetapkan Tiga Kampus Islam Berubah Bentuk

Kompas.com - 11/01/2021, 13:20 WIB
perubagan tiga kampus PTKIS yang dilakukan secara virtual. DOK.laman web Kemenagperubagan tiga kampus PTKIS yang dilakukan secara virtual.

KOMPAS.com - Tiga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta ( PTKIS) berubah bentuk pada Januari 2021.

Adapun tiga kampus yang berubah bentuk itu diantaranya, Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro berubah menjadi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro.

Saat ini, Universitas ini memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Fakultas Adab.

Lalu, kampus kedua yang berubah yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mambaul Ulum Jambi berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mambaul Ulum Jambi.

Terakhir, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Inter Muhammadiyah Batam menjadi STIT International Muhammadiyah Batam.

Baca juga: Diktis Kemenag Beri Keringan UKT untuk Mahasiswa PTKI

Ketiga kampus yang berubah bentuk ini, sudah tertuang di dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang Perubahan Bentuk dan Perbaikan PTKIS.

Keputusan ini, diserahkan secara daring oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Suyitno, Sabtu (9/1/2021).

Melansir laman Kemenag.go.id, keputusan ini diserahkan secara daring kepada tiga kampus ini. Suyitno mengemukakan, transformasi ketiga kampus ini dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi, tak terkecuali PTKIS.

Baca juga: Kemenag Anggarkan Rp 22 Miliar untuk Akreditasi Prodi PTKI 2021

Karenanya, perubahan bentuk PTKIS ini menurut Suyitno harus diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan.

"Jika masih ada PTKI yang tidak memperhatikan mutu, maka tunggulah saatnya untuk mati," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X