Kompas.com - 10/01/2021, 15:18 WIB
Rektor UMK Kudus Prof. Darsono saat memberikan keterangan pers. DOK.UMK KudusRektor UMK Kudus Prof. Darsono saat memberikan keterangan pers.
|

KOMPAS.com - Hingga kini, pandemi Covid-19 di Indonesia belum mereda. Bahkan pemerintah memberlakukan PSBB Jawa Bali atau penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Meski demikian, pandemi tak menghambat Universitas Muria Kudus (UMK) untuk tetap melakukan perkuliahan, meski dengan metode yang berbeda.

Adapun metode yang digunakan ialah daring. Sebab metode ini masih jadi cara yang efektif agar perkuliahan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Rektor UMK, Prof. Dr. Darsono akan terus menyempurnakan pola dan teknis kuliah daring yang sudah berjalan semenjak adanya pandemi.

Baca juga: 9 Hal Paling Horor Selama Kuliah Daring, Kamu Pernah Alami?

"Terkait masa pandemi, UMK sudah melakukan adaptasi pada proses perkuliahan secara daring," ujar Prof. Darsono usai pelantikan dirinya sebagai Rektor UMK, Sabtu (9/1/2021).

Manfaatkan teknologi IT

Dijelaskan, metode lainnya ialah dengan pengembangan resources sharing sumber daya UMK, memanfaatkan teknologi, hingga melakukan kerja sama antarprogram studi agar semua mahasiswa bisa tetap mengikuti program perkuliahan.

Adanya gedung lima lantai, dan penambahan teknologi IT yang canggih juga dianggap bisa memenuhi dan mendukung kebutuhan selama proses perkuliahan daring ataupun luring.

"Dengan mengupayakan optimalisasi bentuk digitalisasi dari sumber belajar dan sumber ajar. Sehingga bisa menghasilkan produk tridharma yang unggul. Baik untuk mahasiswa ataupun dosen pengajar," terangnya.

Menurutnya, pembelajaran daring juga memiliki banyak keuntungan untuk mahasiswa. Yakni mahasiswa akan lebih paham dan memiliki banyak waktu luang untuk mengembangkan diri di bidang IT.

Mahasiswa juga akan lebih mandiri, sebab kuliah daring memaksa mahasiswa lebih aktif dalam hal memperluas bahan materi yang sebelumnya sudah diajarkan sekilas oleh dosen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X