Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19 dari Akademisi IPB

Kompas.com - 07/01/2021, 16:50 WIB
Ilustrasi kesehatan mental. ThinkstockIlustrasi kesehatan mental.

KOMPAS.com - Ketua Tim Bimbingan dan Konseling IPB, Melly Latifah mengatakan, menjaga kesehatan mental saat pandemi Covid-19 sangatlah penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengubah cara pandang.

Tak lupa, kata Melly, kamu juga harus berpikir positif, solutif, berusaha mengambil hikmah, serta mengingat kondisi pandemi Covid-19 ini dialami semua orang.

Baca juga: Pakar IPB: Jenis Makanan Ini Cegah Covid-19

"Ini yang akan membantu kamu menjaga kesehatan mental saat pandemi Covid-19," ungkap Melly melansir laman IPB, Kamis (7/1/2021).

Selain itu, bilang dia, kamu juga harus fokus mengurangi kebiasaan buruk, seperti begadang dan menunda pekerjaan yang sedang dipikul.

"Karena ketika menunda pekerjaan membuat beban semakin bertambah dan mempengaruhi kesehatan mental," ucap Melly.

Kemudian, dia menyebutkan, kamu harus bisa meningkatkan kemampuan meregulasi diri.

Tujuannya, kata dosen di Fakultas Ekologi Manusia (IKK-Fema) IPB ini, agar semakin mahir dalam menyalurkan emosi yang dimiliki secara tepat.

"Menjaga kesehatan mental di pandemi Covid-19 sebenarnya adalah perkara kemampuan seseorang dalam mengelola berbagai tekanan dan tuntutan di sekitarnya," jelas dia.

Baca juga: Guru Besar IPB: Daun Kelor Lebih Baik dari Jeruk dan Wortel

Apabila terjadi masalah kehidupan, dia berpesan agar kamu bisa mendatangi teman dekat atau konselor. Semakin lama dibiarkan masalah kehidupan, maka kesehatan mental kamu akan terpengaruhi.

"Saat badan kita sakit saja segera diobati, jadi saat kesehatan mental tidak baik, maka kamu tidak perlu merasa itu sebagai aib," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X