Kompas.com - 05/01/2021, 12:51 WIB
KIP Kuliah Dok. KemendikbudKIP Kuliah

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi meluncurkan Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021, Senin (4/1/2021).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam dalam sambutannya mengingatkan agar dalam persiapan penerimaan mahasiswa baru 2021, praktik baik yang telah dilaksanakan pada tahun lalu perlu untuk dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Selain itu, harap dia, perbaikan-perbaikan yang diperlukan dapat dipersiapkan dari sekarang.

“Mengingat waktu yang masih cukup tersedia untuk kita melakukan hal-hal yang diperlukan, di tahun lalu kita beradaptasi dan berdinamika kemudian sekarang kondisinya sudah lebih pasti, dan sudah lebih tahu situasi pandemi akan berlangsung cukup lama, sehingga kita bisa beradaptasi lebih awal,” ujar Nizam dikutip dari laman Kemendikbud, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Ketentuan Pilih Prodi Pertama dan Kedua di SNMPTN-SBMPTN 2021

Dalam kesempatan yang sama, Kemendikbud dan LTMPT juga menjelaskan bahwa siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui skema Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Adapun bagi peserta pelamar beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah khususnya bagi siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema KIP Kuliah," tulis keterangan yang sama.

Pada tahun lalu, pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah dimulai pada bulan Februari 2020. Untuk itu, bagi siswa yang berhak menerima manfaat KIP Kuliah dapat terus memantau perkembangan pembukaan pendaftaran KIP Kuliah.

Untuk informasi lengkap seputar jadwal, syarat dan pendaftaran KIP Kuliah, dapat dilihat pada laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Jadwal penting Seleksi Masuk PTN 2021

Pada kesempatan yang sama, Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN 2021) akan segera dimulai.

Berkaitan dengan kalender akademik satu kali dalam setahun itu, dia menegaskan tanggal 4 Januari 2021 merupakan tanggal yang keramat bagi siswa peserta SNMPTN 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X