Kompas.com - 03/01/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi seorang wanita belajar fisika. FREEPIK/MACROVECTORIlustrasi seorang wanita belajar fisika.
|

KOMPAS.com - Siswa SMP dan SMA pasti akan berjumpa dengan mata pelajaran Fisika. Tentunya pelajaran ini tidak mudah untuk dipelajari. Karena ada rumus-rumus yang harus dihafal.

Bidang keilmuan ini mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam yang diimplementasikan melalui rumus-rumus.

Tetapi kini ada beberapa tips agar mudah memahami fisika secara terintegrasi dan koheren (menyeluruh), sehingga mampu menerapkan dan memecahkan masalah secara efektif.

Melalui beberapa pendekatan untuk menjelaskan sejumlah besar fenomena alam yang kompleks dengan sejumlah kecil hukum dan prinsip, fisika tidak lagi menjadi momok bagi pelajar maupun mahasiswa.

Baca juga: Pelajaran Matematika Menakutkan? Pakar: Ini Lho Rahasianya

Menurut Prof. Dr. Sutopo, M.Si, Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM), ada beberapa tips mudah belajar fisika.

"Dalam penelitian, saya menemukan banyak hal yang tidak sesuai dengan tempatnya. Selama ini rumus dalam fisika itu dihafalkan," ujar Prof. Sutopo dikutip dari laman UM, Minggu (3/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal sesunguhnya rumus itu suatu cara untuk memahami sesuatu secara lebih detail. Artinya belajar Fisika tidak melulu menghafalkan rumus.

Dijelaskan, ada beberapa hal yang menghambat proses penyerapan ilmu. Salah satunya, ketidaksamaan pemahaman dalam mempelajari ilmu fisika.

Hal ini didasari pengetahuan yang didapat siswa sejak di bangku sekolah dengan karakter guru dalam proses pembelajaran.

Teori yang didapat sebelumnya itu terjadi perbedaan pemahaman dan pengalaman yang panjang. Banyak yang dibuat dan diingat berdasarkan asumsi pribadi, dan tidak sejalan dengan ilmu fisika yang ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.