Kompas.com - 03/01/2021, 07:54 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebanyak 15 orang di lingkungan kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terpapar virus Covid-19. Data itu diperoleh dari Unesa Crisis Center.

"Penanganan lebih lanjut telah dilakukan kepada 15 orang, dengan melakukan rawat inap atau opname dan isolasi mandiri," ungkap Rektor Unesa Nurhasan melansir laman Unesa, Minggu (3/1/2021).

Baca juga: Pakar IPB: Jenis Makanan Ini Cegah Covid-19

Dia mengaku, dengan bertambahnya jumlah civitas akademika yang terkena Covid-19, maka kampus Unesa menerapkan Pembatasan Kegiatan Berskala Besar (PKBB).

"PKBB ini akan dilakukan sejak 4-15 Januari 2021. Ketetapan ini disampaikan lewat surat edaran rektor yang disahkan 30 Desember 2020," jelas Nurhasan.

Dia menegaskan, langkah yang dilakukan ini bertujuan demi menjaga seluruh civitas Unesa. Untuk itu, jajaran pejabat Unesa berupaya memperkuat penegakkan protokol kesehatan.

"Ini juga akan mengurangi penularan virus Covid-19, lewat PKBB di lingkungan kampus Lidah maupun Ketintang," tutur Nurhasan.

Sebelumnya, Unesa juga telah menyediakan sejumlah perlengkapan protokol kesehatan seperti hand sanitizer, thermometer, alat pengukur suhu, dan tempat cuci tangan di beberapa sudut kampus.

"PKBB di lingkungan Unesa ini bukan yang pertama kali dilakukan, sebelumnya juga ada pembatasan jumlah pekerja, penerapan sistem kerja dan pelayanan secara daring," kata Ketua Unesa Crisis Center Diana Rahmasari.

Lanjut Nurhasan menuturkan, beberapa ketetapan yang dituliskan di surat edaran rektor, seperti menganjurkan sistem kerja shift yang tidak melebihi 25 persen dari total pegawai yang terdapat di unit kerja.

Baca juga: Pakar Unpad: Covid-19 Akan Sasar Semua Orang

Kemudian, ada penerapan protokol kesehatan yang ketat, berlakunya Work From Office (WFO) hanya untuk pegawai yang berusia di bawah 45 tahun, dan mengarahkan persuratan dengan media digital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X