Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Budi Gunadi Terpilih Jadi Anggota MWA ITS

Kompas.com - 24/12/2020, 12:04 WIB
Dian Ihsan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) telah memilih Majelis Wali Amanat (MWA) untuk periode 2021-2026. Salah satu nama anggota MWA ITS yang terpilih adalah Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

"Budi Gunadi Sadikin terpilih dari unsur wakil masyarakat," ucap Mohammad Nuh yang juga menjadi salah satu MWA ITS dari unsur dosen, melansir laman ITS, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Redam Covid-19, Kemenristek Beli 10 Robot RAISA

Selain Menkes Budi, dia mengaku, ada tiga orang lagi yang terpilih menjadi anggota MWA ITS dari masyarakat, yakni Mas'ud Khamid yang merupakan Dirut PT Pertamina Niaga, Agus Purnomo yang merupakan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, dan Dwi Soetjipto yang merupakan Kepala SKK Migas.

"Jadi dari unsur masyarakat, ada empat orang yang terpilih menjadi anggota MWA ITS," ungkap dia.

Sedangkan dari unsur dosen, ada nama Priyo Suprobo, Lily Pudjiastuti, Tri Yogi Yuwono, Eko Budi Djatmiko, dan Nur Iriawan yang terpilih menjadi anggota MWA ITS.

"Dari dosen ada enam orang yang dipilih, selain nama saya, ada lima lagi dari unsur dosen," ucap dia.

Sementara dari unsur tenaga pendidik, lanjut dia, ada nama Edy Suprayitno yang terpilih menjadi MWA ITS.

Dari unsur wakil mahasiswa ada Ichsan Adhi Pradana, dan dari unsur alumni telah terpilih Dian Rahmawan yang saat ini menjadi Direktur Wholesale and International Service PT Telkom Tbk.

Nuh menegaskan, proses pemilihan anggota MWA ITS ini berdasarkan pada Peraturan MWA ITS Nomor 5 Tahun 2016, serta telah melewati proses dan mekanisme yang berlaku.

Tugas anggota MWA

Nuh menyebutkan, anggota MWA ini adalah sebuah lembaga yang menetapkan rencana-rencana strategis dari Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

"Tidak sampai di situ saja, MWA juga berfungsi dalam menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) di bidang nonakademik," ungkap Nuh.

Selain itu, lanjut dia, MWA turut bertugas dalam memilih, memberhentikan, dan mengangkat rektor.

Baca juga: Jokowi Minta ITS Jadi Garda Depan Pengembangan Teknologi dan Sains

"Termasuk salah satu tugas MWA ialah menyelesaikan persoalan-persoalan yang tidak dapat diselesaikan rektor dan Senat Akademik (SA)," tutur Menteri Pendidikan di era SBY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com