KILAS

Hadirkan Rumah Anak Sigap, Tanoto Foundation Pastikan Anak Indonesia Berkembang Sesuai Tahapan

Kompas.com - 22/12/2020, 15:44 WIB
Eddy Henry (kiri layar besar), kiri (layar kecil) Jumeri, kanan (layar kecil) Ellisa, bawah (layar kecil) Satrijo dalam acara Pembangunan dan Renovasi Rumah Anak SIGAP,Selasa (22/12/2020).

Dok. Humas Tanoto Foundation Eddy Henry (kiri layar besar), kiri (layar kecil) Jumeri, kanan (layar kecil) Ellisa, bawah (layar kecil) Satrijo dalam acara Pembangunan dan Renovasi Rumah Anak SIGAP,Selasa (22/12/2020).


KOMPAS.com - Lewat program Siapkan Generasi Anak Berprestasi ( Sigap), Tanoto Foundation ingin memastikan setiap anak Indonesia berkembang sesuai dengan tahap perkembangnya dan bersekolah.

Pasalnya, periode emas tumbuh kembang anak adalah bagian penting yang hanya terjadi satu kali dan tidak bisa diulangi lagi.

Untuk mencapai tujuan besar ini, Tanoto Foundation menitik beratkan program Sigap pada tiga strategi pengembangan anak usia dini yang holistik dan integratif.

Adapun ketiga program Sigap, yaitu penurunan angka stunting, peningkatan kualitas pengasuhan anak usia dini, dan meningkatkan akses ke layanan anak usia dini yang berkualitas.

Baca juga: Apresiasi Guru, Tanoto Gelar Facilitator Gathering Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Guna mewujudkan program tersebut, Sigap mengembangkan model layanan Rumah Anak Sigap untuk membekali orangtua dalam mengasuh anak usia nol hingga tiga tahun.

Hal itu penting dilakukan sebab perkembangan anak di usia tersebut akan menjadi dasar dari perkembangan mereka di tahap selanjutnya.

Di samping itu, hubungan orangtua dan anak yang diperoleh dari stimulasi psikososial menjadi dasar terbentuknya perkembangan positif pada anak.

Pembentukan hubungan pada tahap awal pertumbuhan anak sendiri memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak pada masa yang akan datang.

Baca juga: Begini Cara Tanoto Foundation Turunkan Prevalensi Stunting di Indonesia

Untuk membantu pembentukan hubungan tersebut, Rumah Anak Sigap menyediakan beberapa ragam layanan, yakni pengasuhan bersama, kegiatan individu atau konsultasi orangtua dan anak, kunjungan rumah, dan beberapa kegiatan pendukung lainnya.

Dalam mewujudkan berbagai layanan tersebut, CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo merasa terhormat bisa bermitra dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), serta pemerintah daerah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X