Subsidi Gaji Guru Honorer Segera Cair

Kompas.com - 18/12/2020, 20:28 WIB
Siti Rohemah, melipat surat suara untuk mencari tambahan penghasilan di luar tugasnya sebagai guru honorer di Pamekasan. KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMANSiti Rohemah, melipat surat suara untuk mencari tambahan penghasilan di luar tugasnya sebagai guru honorer di Pamekasan.

KOMPAS.com - Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji bagi guru honorer Pendidikan Agama Islam ( PAI) di sekolah umum masih terus berproses.

Direktur PAI Kemenag, Rahmat Mulyana mengatakan, saat ini dana subsidi gaji sudah siap di bank penampung.

Baca juga: Notifikasi Subsidi Gaji Guru Honorer Madrasah Telah Dikirim

" Subsidi gaji guru honorer PAI sudah ada di bank penampung, yakni BTN. Kami dengan pihak bank sedang selesaikan proses administrasinya," ucap Rahmat Mulyana melansir laman Kemenag, Jumat (18/12/2020).

Saat ini, kata dia, sudah memasuki tahap akhir. Semoga transfer bantuan subsidi gaji bisa dilakukan BTN dalam beberapa hari ke depan.

79.181 guru honorer PAI peroleh subsidi gaji

Menurut Rohmat, ada 79.181 guru honorer PAI yang akan menerima subsidi gaji. Total anggaran yang sudah disiapkan Rp 142.525.800.000.

"Setiap guru akan mendapat total subsidi gaji senilai Rp 1,8 juta, dipotong pajak," sebut dia.

Kasubdit PAI Kemenag, Nurul Huda menambahkan, ada dua skema pencairan subsidi gaji guru honorer PAI. Pertama, melalui rekening masing-masing guru honorer PAI yang sudah terverifikasi dalam aplikasi Siaga.

"Ini jumlahnya ada 68.035 guru. Semoga tidak lama lagi bisa segera di transfer," ujar Nurul.

Skema kedua, bagi guru honorer yang belum mempunyai rekening, akan dibuatkan rekening baru. Rekening baru ini akan dibuatkan oleh tiga bank, yakni BTN, BRI, dan BRI Syariah.

Baca juga: Indonesia Miliki 700.000 Guru Honorer

"Ini jumlahnya ada 11.146 guru honorer yang belum punya rekening. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak bank untuk membuat rekening baru ini. Data guru honorer juga sudah kami serahkan ke bank," tutur Nurul.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X