Kompas.com - 17/12/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi teknologi digital SHUTTERSTOCKIlustrasi teknologi digital

KOMPAS.com - Teknologi semestinya bisa memudahkan pekerjaan manusia. Sayangnya, perkembangan teknologi yang begitu cepat justru membuat manusia kehilangan pekerjaan karena tergantikan oleh mesin.

Disrupsi atau perubahan yang begitu cepat dari sistem lama ke cara-cara baru dalam bidang teknologi kian menggantikan peran-peran manusia dalam sejumlah bidang kerja.

Kini, ada banyak peluang pekerjaan yang hilang, sehingga para lulusan baru semakin ditantang untuk memiliki keterampilan dan kompetensi yang tak tergantikan teknologi.

Baca juga: UTBK-SBMPTN 2021: Jadwal, Ketentuan, Materi Tes dan Biaya

Merangkum laman Pintek.id serta Rencanamu.id, ada sejumlah jurusan kuliah IPA yang tetap menjanjikan peluang kerja di era 4.0. Apa saja?

1. Teknik informatika

Perkembangan teknologi informasi yang pesat membuka peluang karier bagi lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman.

Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12 persen, di atas rata-rata bidang profesi pada umumnya.

Baca juga: Jadwal Penting SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021, Jangan Lewat Pendaftaran

2. Farmasi

Farmasi menjadi salah satu jurusan yang akan tetap menjanjikan peluang kerja di era 4.0. Lulusan farmasi tetap dibutuhkan di rumah sakit, apotek dan lembaga kesehatan.

Program studi ini mempelajari tentang obat-obatan, mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

3. Desain Komunikasi Visual

Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X