Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jurusan Kuliah IPA dengan Prospek Kerja Cerah di Era 4.0

Kompas.com - 17/12/2020, 16:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Teknologi semestinya bisa memudahkan pekerjaan manusia. Sayangnya, perkembangan teknologi yang begitu cepat justru membuat manusia kehilangan pekerjaan karena tergantikan oleh mesin.

Disrupsi atau perubahan yang begitu cepat dari sistem lama ke cara-cara baru dalam bidang teknologi kian menggantikan peran-peran manusia dalam sejumlah bidang kerja.

Kini, ada banyak peluang pekerjaan yang hilang, sehingga para lulusan baru semakin ditantang untuk memiliki keterampilan dan kompetensi yang tak tergantikan teknologi.

Baca juga: UTBK-SBMPTN 2021: Jadwal, Ketentuan, Materi Tes dan Biaya

Merangkum laman Pintek.id serta Rencanamu.id, ada sejumlah jurusan kuliah IPA yang tetap menjanjikan peluang kerja di era 4.0. Apa saja?

1. Teknik informatika

Perkembangan teknologi informasi yang pesat membuka peluang karier bagi lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman.

Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12 persen, di atas rata-rata bidang profesi pada umumnya.

Baca juga: Jadwal Penting SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021, Jangan Lewat Pendaftaran

2. Farmasi

Farmasi menjadi salah satu jurusan yang akan tetap menjanjikan peluang kerja di era 4.0. Lulusan farmasi tetap dibutuhkan di rumah sakit, apotek dan lembaga kesehatan.

Program studi ini mempelajari tentang obat-obatan, mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

3. Desain Komunikasi Visual

Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa.

Di prodi ini kamu akan banyak kegiatan praktek untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Peluang kerja jurusan desain komunikasi visual ini sangat banyak. Mulai dari penerbitan, perusahaan desain grafis, industri film dan industri kreatif lainnya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

4. Kedokteran

Teknologi di era 4.0 belum mampu menggantikan peran seorang dokter untuk melayani pasien. Itulah mengapa, profesi ini tetap pilihan. Tak heran bila jurusan Kedokteran menjadi jurusan IPA paling favorit setiap tahunnya.

Setelah mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di berbagai klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta.

Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship. Atau kamu dapat meneruskan pendidikan dokter spesialis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com