Kompas.com - 15/12/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Banyak kawula muda yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang dokter, apalagi generasi milenial di zaman saat ini.

Pemilihan dokter oleh generasi muda, karena profesi ini memiliki prospek yang sangat cerah di masa depan.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Langka, tapi Mudah Dapat Kerja

Memang terbilang menggiurkan, tapi menjadi seorang dokter tidak semudah membalikkan tangan. Perlu kerja keras dan banyak proses yang harus dijalankan.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Selasa (15/12/2020), ada empat tahapan bagi mahasiswa perguruan tinggi yang ingin memperoleh Sarjana Kedokteran hingga menjadi seorang dokter spesialis.

Mari simak rangkumannya, seperti di bawah ini.

1. Gapai Sarjana Kedokteran

Demi menjadi seorang dokter, maka kalian harus menyelesaikan pendidikan Sarjana Kedokteran dalam kurun waktu 3,5-4 tahun. Selama kuliah, mahasiswa kedokteran akan ditempa kemampuannya lewat skill lab, pendalaman materi histologi, mikrobiologi, hingga anatomi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, kemampuan kalian di ilmu kedokteran akan mumpuni. Bila sudah dapat ilmu yang matang, maka kalian bisa melanjuti proses berikutnya hingga menjadi dokter spesialis.

2. Ambil Program Profesi

Bila ingin memperoleh gelar dokter, sarjana kedokteran harus mengambil program profesi. Program ini banyak yang menyebut dengan kata koas atau dokter muda.

Untuk menjalani koas, kalian akan menghabiskan waktu selama 1,5-2 tahun. Di program ini, kalian akan dihadapkan ilmu kedokteran yang sebenarnya.

Pastinya, pada tahapan ini kalian akan dihadapkan dengan pasien langsung. Maka dari itu, kalian harus benar-benar sabar menjalani masa koas.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Kekinian untuk Kalangan Milenial

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X