Kompas.com - 15/12/2020, 05:20 WIB
Ilustrasi dana bantuan langsung tunai (Dok Shutterstock) Ilustrasi dana bantuan langsung tunai
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag, M Zain memastikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji bagi guru honorer madrasah segera cair. Sebab, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) sudah terbit.

"Saya pastikan subsidi gaji guru honorer di sekolah madrasah segera cair. SP2D yang sudah terbit mencapai 99,81 persen. Selanjutnya tinggal pengiriman notifikasi pencairan dari BRI atau BRI Syariah selaku bank penyalur," ucap Zain melansir laman Kemenag, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Subsidi Gaji Guru Honorer Madrasah Dipotong Segini

Perlu diketahui, ada sebanyak 636.381 guru honorer pada satuan Pendidikan Islam yang akan menerima subsidi gaji dari pemerintah lewat Kemenag. Terdiri dari 542.901 guru honorer madrasah dan 93.480 guru honorer Pendidikan Agama Islam di sekolah umum.

Sesuai perjanjian, dia berharap proses pengiriman notifikasi ke masing-masing akun Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (Simpatika) guru honorer madrasah sudah dilakukan mulai hari ini oleh bank penyalur, yakni Bank BRI dan BRI Syariah.

Setelah notifikasi terbit, lanjut Zain, guru honorer bisa langsung mencetak Surat Keterangan Penerima BSU GBPNS 2020 yang ada di Simpatika.

Bersamaan itu, kata dia, guru honorer juga diminta mencetak Surat Pernyataan dan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang formatnya juga tersedia di Simpatika.

"SPTJM dicetak, lalu ditandatangani di atas materai," jelas dia.

Selanjutnya, bilang Zain, guru honorer Kemenag bisa datang ke kantor bank penyalur yang ditunjuk, yaitu Bank BRI/BRI Syariah.

Guru honorer juga harus membawa KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika sudah memiliki, Surat Keterangan Penerima BSU GBPNS 2020, dan SPTJM yang sudah ditandatangani di atas materai.

Kemudian, guru honorer bisa mengisi formulir pembukaan buku rekening baru di Bank BRI/BRI Syariah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X