Kompas.com - 09/12/2020, 15:10 WIB
Ilustrasi perkuliahan ThinkstockIlustrasi perkuliahan

KOMPAS.com - Pada saat bicara tentang jurusan kuliah, tentu bisa dipilih sesuai dengan kepribadian yang kalian miliki. Pasalnya, banyak orang yang beranggapan, bahwa faktor kepribadian bisa menggali potensi diri masing-masing individu.

Ketika potensi diri sudah tergali, maka akan lebih mudah menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih di perguruan tinggi.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah bagi Orang Kepribadian Tertutup

Berdasarkan tipenya, kepribadian tergolong menjadi dua, yakni tertutup (introvert) dan terbuka (extrovert). Kepribadian tertutup merupakan tipe kepribadian yang suka menyendiri dan berteman hanya dengan sedikit orang.

Sedangkan kepribadian terbuka adalah seseorang yang cenderung memiliki kepribadian terbuka, mudah berhubungan sosial, dan mendapatkan pertemanan baru.

Lalu, ketika kalian memiliki kepribadian terbuka, maka apa saja jurusan kuliah yang bisa dipilih?

Berdasarkan laman maukuliah.id, Rabu (9/12/2020), menyebutkan bahwa ada lima jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh orang yang memiliki kepribadian terbuka.

Mari disimak dengan jelas jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa seperti di bawah ini.

1. Jurusan Komunikasi

Bila mempunyai kepribadian terbuka, kalian bisa memilih Jurusan Komunikasi. Saat berbicara jurusan ini, maka akan mengarah ke ilmu jurnalistik dan ilmu hubungan masyarakat (Humas).

Di ilmu jurnalistik, kalian harus mempunyai kemampuan berpikir kritis dan mencari informasi atau berita. Untuk mudah di jurnalistik, kalian harus banyak bertanya, agar memperoleh informasi yang akurat.

Semantara di ilmu Humas, kalian harus memiliki keahlian dalam menjalin relasi dengan orang lain, mampu berpikir kritis dan tanggap, serta pandai dalam mengkoordinir suatu kegiatan, khususnya dalam konferensi pers, media gathering, pelaksanaan CSR perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.