Kompas.com - 09/12/2020, 15:10 WIB
Rektor UIN Raden Intan Lampung, Moh Mukri terima penghargaan dari UI GreenMetric secara simbolis. DOK. UIN Raden Intan LampungRektor UIN Raden Intan Lampung, Moh Mukri terima penghargaan dari UI GreenMetric secara simbolis.

KOMPAS.com - UIN Raden Intan Lampung berhasil meraih peringkat 10 kampus hijau berkelanjutan penilaian UI GreenMetric di 2020. Penilaian ini naik dari tahun sebelumnya yakni peringkat 11 sekaligus mengukuhkan UIN Raden Intan sebagai kampus hijau terbaik pertama di luar Pulau Jawa.

Perlu diketahui, UI GreenMetric adalah salah satu program dari UI untuk menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan perguruan tinggi terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Baca juga: 10 Kampus Terhijau di Indonesia Versi UI GreenMetric 2020

Melansir laman UIN Raden Intan Lampung, Rabu (9/12/2020), selain masuk ke dalam 10 besar, UIN Raden Inten Lampung juga mendapat penghargaan lain yakni The Most Sustainably Innovative University in Indonesia atau sebagai kampus inovatif dalam pengembangan kampus hijau berkelanjutan.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Moh Mukri mengucapkan rasa syukur atas perolehan tersebut. Menurut dia, semua yang dicapai dan penghargaan yang diraih, tidak terlepas dari kerja sama seluruh elemen warga kampus.

"Alhamdulillah, UIN Raden Intan masuk ke dalam 10 besar nasional penilaian UI GreenMetric. Ini merupakan pengakuan dari lembaga internasional yang kredibel terhadap kampus UIN. Semoga ini dapat menginsiprasi kita semua khususnya dalam upaya melestarikan lingkungan," ungkap dia.

Mukri juga mengingatkan kepada pimpinan dan seluruh sivitas akademika untuk tidak cepat puas atas penghargaan tersebut.

Dia mengajak untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam mewujudkan visi UIN, yakni sebagai kampus rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif dan multidisipliner yang berwawasan lingkungan tahun 2035.

912 universitas ikut menjadi peserta

Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2020 adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia.

Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric.

Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial. Dengan bobot indikator penilaian, sebagai berikut:

  1. Keadaan dan Infrastruktur Kampus sebesar 15 persen.
  2. Energi dan Perubahan Iklim sebesar 21 persen.
  3. Pengelolaan Sampah sebesar 18 persen.
  4. Penggunaan Air sebesar 10 persen
  5. Transportasi sebesar 18 persen.
  6. Pendidikan dan Riset sebesar 18 persen.

Berikut daftar peringkat 10 kampus terhijau di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI).
  2. Universitas Diponegoro (Undip).
  3. Universitas Gajah Mada (UGM).
  4. Institut Pertanian Bogor (IPB).
  5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).
  6. Universitas Negeri Semarang (Unnes).
  7. Universitas Sebelas Maret (UNS).
  8. Universitas Islam Indonesia (UII).
  9. Telkom University.
  10. UIN Raden Intan Lampung.

Baca juga: 10 Kampus Terhijau di Indonesia, UGM Peringkat Berapa?

Menristek Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemeringkatan kampus dari aspek lingkungan ini akan lebih banyak mendorong kampus mendukung kerja sama kampus dengan pihak luar.

Pihak luar itu yakni dengan industri dan pemerintah dalam mengembangkan program pembangunan secara berkelanjutan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X