Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Mahasiswa Ini Ciptakan Mobil Hemat Energi di Masa Depan

Kompas.com - 08/12/2020, 11:38 WIB
Dian Ihsan,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim mahasiswa dari perguruan tinggi Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan desain mobil hemat energi yang cocok dikendarai di jalanan kategori urban concept.

Mahasiswa Teknik Mesin FTUI Angkatan 2017, Ahmad Muzakki mengatakan, mobil yang dirancang ini menggunakan material carbon fiber, sehingga mobil menjadi lebih ringan, dari bobot awal 95 kilogram (kg) menjadi 91 kg, dengan kekuatan mekanikal yang tetap terjaga.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

Efisiensi kinerja mesin, kata dia, juga dilakukan, dan menghasilkan torsi 35 persen lebih tinggi pada rentang rotasi per menit (rpm) yang sama.

"Sistem transmisi juga dirancang agar solid dan cocok dengan kondisi jalur lomba," ungkap Ahmad yang juga menjabat sebagai Manajer tim Sadewa Hore dalam siaran pers yang diperoleh media, Selasa (8/12/2020).

Sebagaimana diketahui, tim Sadewa Hore mengikuti kompetisi pada kategori Urban Concept kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Bensin dalam acara Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020.

Tim ini berhasil meraih penghargaan:

  • Juara 1 Kriteria Rancangan Proses dan Manajemen Produksi Urban
  • Juara 2 Kriteria Model Desain Kendaraan Urban
  • Juara Umum 2 Kategori Urban

Tim mahasiswa UI lainnya, yakni Nakoela Hore juga menciptakan desain mobil yang bisa merubak geometri mobil, sehingga bisa mendapatkan nilai koefisien drag yang 16 persen lebih rendah.

Selain itu, mobil tersebut juga mengoptimalkan chasis dan bodi mobil, sehingga berat mobil total dapat dikurangi 32 persen menjadi 15 kg.

"Optimasi pada mesin mobil juga dilakukan sehingga mendapatkan tenaga yang tinggi dengan rentang specific fuel consumption yang kecil, sesuai dengan ketentuan kategori Prototipe," ucap Mahasiswa Teknik Biomedik FTUI Angkatan 2018 dan juga Manajer Tim, Muhammad Maulana Ghifary.

Baca juga: Dapat Izin Nadiem, Monash University Buka Kampus di Indonesia

Pada ajang KMHE 2020, tim Nakoela Hore berkompetisi pada Kategori Prototipe kelas MPD Bensin dan berhasil meraih penghargaan Juara 1 Kriteria Model Desain Kendaraan Prototipe, Juara 1 kriteria Internal Combustion Engine Prototype, dan Juara Umum 2 kategori Prototype.

Dekan FTUI, Hendri D.S Budiono mengapresiasi karya mahasiswa FTUI dalam menghasilkan calon kendaraan hemat energi di masa depan. Menurutnya, penyelenggaraan KMHE yang tahun ini dilaksanakan secara daring memberikan tantangan tersendiri bagi para mahasiswa FTUI.

Biasanya, dia mengaku, mereka berkompetisi secara fokus pada kemampuan dan keterampilan praktik dengan membangun mobil secara nyata, tapi tahun ini mereka harus bisa dan cepat beradaptasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir mereka sebagai engineer dan menyajikan konsep desain mobil secara virtual.

"Ternyata, mereka mampu menyesuaikan diri di tengah pandemi ini," jelas Hendri.

KMHE 2020 merupakan kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud dengan menunjuk UI selaku tuan rumah. Rangkaian kegiatan KMHE 2020 dilaksanakan secara daring, pada 26-30 November 2020, dengan lokasi pembukaan dan penutupan acara dilakukan di Makara 04 Smart Meeting Room FTUI.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah bagi Orang Kepribadian Tertutup

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Prototype dan Urban Concept. Kategori Prototype merupakan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi, sedangkan Urban concept merupakan kendaraan roda empat yang penampilannya mirip mobil dan cocok dikendarai di jalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com