Kompas.com - 08/12/2020, 11:38 WIB
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Tim mahasiswa dari perguruan tinggi Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan desain mobil hemat energi yang cocok dikendarai di jalanan kategori urban concept.

Mahasiswa Teknik Mesin FTUI Angkatan 2017, Ahmad Muzakki mengatakan, mobil yang dirancang ini menggunakan material carbon fiber, sehingga mobil menjadi lebih ringan, dari bobot awal 95 kilogram (kg) menjadi 91 kg, dengan kekuatan mekanikal yang tetap terjaga.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

Efisiensi kinerja mesin, kata dia, juga dilakukan, dan menghasilkan torsi 35 persen lebih tinggi pada rentang rotasi per menit (rpm) yang sama.

"Sistem transmisi juga dirancang agar solid dan cocok dengan kondisi jalur lomba," ungkap Ahmad yang juga menjabat sebagai Manajer tim Sadewa Hore dalam siaran pers yang diperoleh media, Selasa (8/12/2020).

Sebagaimana diketahui, tim Sadewa Hore mengikuti kompetisi pada kategori Urban Concept kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Bensin dalam acara Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020.

Tim ini berhasil meraih penghargaan:

  • Juara 1 Kriteria Rancangan Proses dan Manajemen Produksi Urban
  • Juara 2 Kriteria Model Desain Kendaraan Urban
  • Juara Umum 2 Kategori Urban

Tim mahasiswa UI lainnya, yakni Nakoela Hore juga menciptakan desain mobil yang bisa merubak geometri mobil, sehingga bisa mendapatkan nilai koefisien drag yang 16 persen lebih rendah.

Selain itu, mobil tersebut juga mengoptimalkan chasis dan bodi mobil, sehingga berat mobil total dapat dikurangi 32 persen menjadi 15 kg.

"Optimasi pada mesin mobil juga dilakukan sehingga mendapatkan tenaga yang tinggi dengan rentang specific fuel consumption yang kecil, sesuai dengan ketentuan kategori Prototipe," ucap Mahasiswa Teknik Biomedik FTUI Angkatan 2018 dan juga Manajer Tim, Muhammad Maulana Ghifary.

Baca juga: Dapat Izin Nadiem, Monash University Buka Kampus di Indonesia

Pada ajang KMHE 2020, tim Nakoela Hore berkompetisi pada Kategori Prototipe kelas MPD Bensin dan berhasil meraih penghargaan Juara 1 Kriteria Model Desain Kendaraan Prototipe, Juara 1 kriteria Internal Combustion Engine Prototype, dan Juara Umum 2 kategori Prototype.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.