Kompas.com - 04/12/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi penyandang disabilitas. SHUTTERSTOCK/BRO.VECTORIlustrasi penyandang disabilitas.
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Keberpihakan negara terhadap penyandang disabilitas diwujudkan dengan beasiswa LPDP yang juga mengakomodasi dan anti diskiriminasi kepada penyandang disabilitas.

Sejak layanan beasiswa LPDP beroperasi di tahun 2013, sebanyak 16 orang penyandang disabilitas melanjutkan studi, terdiri dari 8 orang perempuan dan 8 orang laki-laki.

Baca juga: Siswa Vokasi, LPDP Kemenkeu Bakal Buka Beasiswa di 2021

Melansir laman instagram resmi LPDP, Jumat (4/12/2020), menyebutkan bahwa dari 16 orang penyandang disabilitas yang memperoleh beasiswa, sebanyak 2 orang menempuh jenjang doktoral dan 12 orang menempuh jenjang magister.

Mereka yang memperoleh beasiswa tersebar di berbagai perguruan tinggi unggulan, baik di dalam maupun luar negeri.

Hari Disabilitas Internasional diperingati pada 3 Desember setiap tahunnya. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memperingati Hari Disabilitas Internasional sejak tahun 1992.

Memang, rasa memperingati Hari Disabilitas Internasional bukan untuk merayakan keterbatasan yang dialami. Namun, peringatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas dan jenis-jenisnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, bisa juga menghilangkan stigma, memberikan dukungan untuk peningkatan kemandirian dan keadilan, serta kembali merumuskan kebijakan yang secara inklusif mampu merangkul kepentingan penyandang disabilitas.

Baca juga: Sejarah Hari Disabilitas Internasional dan Upaya Memenuhi Hak Penyandang Disabilitas...

Terkait amanah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) unggul semata-mata ditujukan untuk kemajuan bangsa, mewujudkan kehidupan inklusif dan cita-cita pembangunan berkelanjutan di 2030, tanpa satupun pihak yang tertinggal.

Manusia sendiri tak didefinisikan atas keterbatasan mereka, tapi atas apa yang mampu mereka lakukan. Penyandang disabilitas bukan tak mampu, tapi punya kemampuan yang berbeda, lawan diskriminasi dan terus tunjukkan prestasi.

Dukungan untuk penyandang disabilitas

Sekedar informasi, Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember. Tujuan diperingatinya Hari Disabilitas Internasional yakni untuk memberikan dukungan dan mencapai hak-hak yang seharusnya didapatkan para penyandang disabilitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.