Bakso Lebih Kenyal dan Sehat, Akademisi UB Meneliti Bahan Ini

Kompas.com - 02/12/2020, 09:14 WIB
Bakso, salah satu kuliner Indonesia yang sangat dekat dengan masyarakat. Bakso Sumber SeleraBakso, salah satu kuliner Indonesia yang sangat dekat dengan masyarakat.
|

KOMPAS.com - Bakso adalah makanan yang sudah akrab di tengah-tengah masyarakat. Selain membeli di warung bakso, banyak pula masyarakat yang membuat sendiri bakso.

Biasanya, proses pembuatan bakso menggunakan tepung tapioka. Tentu agar bakso menjadi lebih kenyal.

Tetapi, pernahkah terpikirkan kalau ternyata tepung rumput laut juga bisa digunakan untuk membuat bakso?

Melansir akun Instagram Universitas Brawijaya ( UB), Selasa (1/12/2020), Dosen Fakultas Peternakan UB, Ir. Aris Sri Widati, MS., melakukan penelitian.

Penelitiannya ialah tepung rumput laut dijadikan bahan campuran pembuatan bakso. Tentu ada keunggulan dari bahan rumput laut.

Baca juga: Alat Buatan Mahasiswa UB Mampu Deteksi Dini Penyakit Jantung

Rumput laut (Eucheuma cottonii) memiliki kappa karagenan yang dapat berperan untuk mengenyalkan, menstabilkan dan mengikat air dalam proses pembuatan bakso.

Rumput laut juga kaya akan kandungan serat, berkhasiat menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan.

Dengan komposisi tertentu, kombinasi tepung rumput laut, tapioka dan garam akan menghasilkan bakso yang lebih kenyal dan lebih sehat.

Hasil penelitian

Berikut ini hasil penelitian akademisi UB pada tepung rumput laut dijadikan bakso:

1. Kualitas bakso dipengaruhi oleh formulasi bahan penyusun, proses produksi, dan penyimpanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X