InklusiFest 2020, Pertemukan Dunia Disabilitas dan Non-Disabilitas

Kompas.com - 30/11/2020, 22:04 WIB
Direktur Eksekutif Yayasan Helping Hands Wendy Kusumowidagdo saat memberi pemaparan terkait acara InklusiFest 2020. Webinar Yayasan Helping HandsDirektur Eksekutif Yayasan Helping Hands Wendy Kusumowidagdo saat memberi pemaparan terkait acara InklusiFest 2020.

KOMPAS.com - Yayasan Helping Hands menyelenggarakan InklusiFest 2020 yang memiliki tujuan untuk mempromosikan nilai-nilai inklusivitas lewat berbagai program pengembangan karakter yang mempertemukan dunia disabilitas dan non-disabilitas.

Direktur Eksekutif Yayasan Helping Hands, Wendy Kusumowidagdo mengatakan, acara InklusiFest 2020 diadakan selama satu pekan yakni di tanggal 1-5 Desember 2020. Pelaksanaan ini demi mengobarkan semangat inklusivitas dalam bentuk perayaan festival yang aman, nyaman, dan unik.

Baca juga: 7 Cara Berkomunikasi dengan Anak Disabilitas Pendengaran

"Maka dalam rangka hari Disabilitas Internasional, kita lakukan acara ini secara virtual, tapi tetap interaktif di antara sesama," ungkap Wendy secara daring, Kamis (26/11/2020).

Dia mengaku, InklusiFest 2020 akan diisi dengan acara -acara yang edukatif, partisipatif dan interaktif, serta menghibur melalui media virtual. InklusiFest juga akan menampilkan publik figur disabilitas dan non-disabilitas dengan tiga topik utama yang akan diangkat, yakni education, wellness, dan arts.

"Tujuan besar InklusiFest adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum tentang inklusivitas terhadap disabilitas melalui sharing-sharing inspiratif dan berinteraksi langsung dengan individu disabilitas," jelas Wendy.

Lanjut Wendy memaparkan, walaupun acara berlangsung secara virtual, namun InklusiFest 2020 akan digelar dengan atraktif melalui format acara live Talkshow/Webinar dan kelas-kelas workshop yang interaktif. Adapun acara acara-acara lainnya yang menarik termasuk workshop blind make up, blind adventure, belajar sign language, stand up comedy disabilitas.

"Selain itu kami akan berupaya memecahkan rekor "400 Jam InterAksi Inklusif", yaitu mempertemukan 400 individu dari dunia Disabilitas dengan dunia Non-Disabilitas dalam 1:1 dialog deep-talk selama 1 jam," terang Wendy.

Adapun dalam pembukaan acara festival ini nantinya, opening keynote speech akan diberikan oleh Angkie Yudistia (Staff Khusus Presiden RI).

Termasuk ke dalam panel pembicara di acara pembukaan adalah Ananda Sukarlan (Pianis, Aktivis), dan Asep Sukmayadi (Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) serta Aris Subiono, (Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga).

Acara InklusiFest 2020 sendiri bersifat universal, sehingga semua orang yang tertarik dapat mengikuti event ini setelah mendaftar secara daring.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X