Webinar Quipper: Seperti Ini Guru Profesional

Kompas.com - 27/11/2020, 13:38 WIB
Yaswardi, Direktur GTK Dikmensus Kemendikbud (kiri atas) saat menjadi narasumber webinar Quipper. Tangkapan layar Zoom QuipperYaswardi, Direktur GTK Dikmensus Kemendikbud (kiri atas) saat menjadi narasumber webinar Quipper.
|

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah (BDR).

Untuk mendukung kinerja para guru, Kemendikbud menghadirkan platform Guru Berbagi agar peserta didik atau siswa tetap mendapatkan pembelajaran yang bermakna.

Guru berbagai merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bersama hadapi Covid-19.

Terkait guru berbagi, Yaswardi selaku Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (GTK Dikmensus) Kemendikbud memberikan tanggapan.

"Guru berbagi menurut pandangan saya adalah langkah untuk mencapai guru profesional yang sebenarnya," ujar Yaswardi pada webinar gelaran Quipper bekerjasama dengan Fruit Tea Sosro, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Ini Harapan Komisi X DPR Terkait Dibukanya Seleksi Guru PPPK

Jadi sosok menginspirasi

Namun, menurut Yaswardi, guru profesional tidak cukup dengan kompetensi yang dipersyaratkan saja. Misalnya saja kepribadian sosial.

Tetapi seorang guru harus bisa menjadi sosok guru yang menginspirasi berbagai ilmu dan pengetahuan. Serta memiliki rasa empati dan simpati, terlebih pada masa pandemi.

"Jadi, guru berbagi itu adalah bentuk keprofesional seorang guru. Bukan hanya di masa pandemi saja, tetapi di berbagai waktu dan tempat," terangnya.

Sementara narasumber lain, Itje Chodidjah (Pakar Pendidikan) menyatakan, puncak dari profesional itu ialah ketika guru mau berbagi dan menginspirasi.

"Saya sebagai pelatih guru hanya pemantik saja. Tapi, yang jadi pembelajaran hakiki ialah adanya interaksi bermakna dan positif antar guru itu sendiri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X