200 Ribu Guru Peroleh Pelatihan Gratis dari Ruangguru

Kompas.com - 26/11/2020, 12:21 WIB
Ruangguru melakukan pelatihan kepada guru secara daring gratis. DOK. RuangguruRuangguru melakukan pelatihan kepada guru secara daring gratis.

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19, Ruangguru membuka akses pelatihan guru daring secara gratis dengan tujuan untuk memperkaya keterampilan mengajar para guru, terutama di tengah situasi pandemi.

Hingga kini, layanan pelatihan guru daring gratis dari Ruangguru telah diakses lebih dari 200.000 guru di Indonesia.

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara mengatakan, para guru menerima berbagai materi pengayaan seperti pembelajaran berbasis teknologi informasi, strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum, wawasan pendidikan, strategi menjadi guru yang memotivasi dan komunikatif.

Baca juga: RuangGuru: Butuh 128 Tahun Kejar Ketertinggalan Pendidikan Indonesia

Untuk memperkuat implementasi pelatihan guru daring tersebut, Ruangguru juga menyelenggarakan rangkaian webinar bagi para guru bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional.

Webinar diadakan pada tanggal 18 - 24 November 2020 dengan beberapa topik antara lain, strategi menghadapi keterbatasan selama pandemi, tips sehat dan produktif mengajar di masa pandemi, mengajar kreatif dengan metode pengajaran abad ke-21. Ruangguru menggandeng pembicara dari beberapa pegiat pendidikan, seperti Indonesia Mengajar dan Kalananti.

Bahkan peringatan Hari Guru Nasional, kata dia, Ruangguru telah memberikan perlatihan daring grtais dan rangkaian webinar dengan harapan agar para guru dapat terus semangat menjadi pengajar yang hebat demi masa depan anak bangsa.

"Selamat Hari Guru Nasional. Terima kasih kepada seluruh guru di tanah air, jasamu tak akan pernah dapat tergantikan," ungkap Belva melalui siaran persnya, Rabu (25/11/2020).

Dia mengatakan, survei internal Ruangguru menunjukkan bahwa para guru masih membutuhkan peningkatan keterampilan dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ). Skor rata-rata kemampuan guru dalam melaksanakan PJJ adalah 3,95 dari skala 5.

Dia menyebutkan, beberapa tantangan yang dihadapi guru selama PJJ, seperti metode penyampaian materi, platform PJJ yang sesuai bagi siswa, pengelolaan waktu, komunikasi secara virtual, kesulitan mengembangkan motivasi belajar untuk siswa, dan komunikasi dengan orang tua siswa.

Fasilitas untuk guru demi hadapi tantangan PJJ

Pelatihan dan webinar Ruangguru memfasilitasi para guru untuk menghadapi tantangan dan kesulitan selama PJJ tersebut. Di samping pembinaan karakter dan pencapaian tujuan akademis, para guru juga diharapkan mampu mengembangkan kompetensi peserta didik dalam mengikuti PJJ.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X