Webinar Unesa: Olahraga, Ujung Tombak Revolusi Mental

Kompas.com - 26/11/2020, 10:04 WIB
Ilustrasi berolahraga ShutterstockIlustrasi berolahraga
|

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya ( Unesa) menggelar Webinar Nasional bertema "Olahraga Sebagai Ujung Tombak Revolusi Mental" secara virtual, Selasa (24/11/2020).

Webinar yang digelar dalam rangka menyambut HUT Unesa ke-56 ini mengambil tema revolusi mental karena perlu digalakkan untuk perubahan masyarakat Indonesia menuju pola berpikir yang baik.

Tentu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan aktivitas olahraga yang mengajarkan nilai sportivitas, kerja sama, dan kedisiplinan.

Dalam sambutannya, Rektor Unesa, Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan mengenai megatrend dunia tahun 2045 yang memiliki dampak besar bagi generasi muda.

Baca juga: Tips Sehat Lahir Batin dari Akademisi Unesa

Generasi muda sehat fisik dan mental

Rektor juga mengajak peserta untuk membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang memiliki kesehatan fisik dan mental untuk memimpin tahun 2045.

"Marilah kita didik generasi ini dengan nilai-nilai sportivitas, kejujuran, integritas, kerja sama, kedisiplinan, dan komitmen," ujarnya seperti dikutip dari laman Unesa, Rabu (25/11/2020).

"Semua itu bisa diajarkan di aktivitas olahraga, dibentuk di olahraga, dan bahkan menjadi budaya di olahraga," imbuhnya.

Salah satu narasumber Staff Khusus Presiden RI, Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, Ak., M.Si., Ph.D., menyatakan, jika Indonesia sudah saatnya melakukan revolusi mental, khususnya di bidang pendidikan.

Hal tersebut didasarkan pada hilangnya nilai-nilai integritas. "Indonesia perlu revolusi mental, hal ini karena kita membiarkan praktik-praktik dengan cara yang tidak jujur, tidak memegang etika dan moral, tidak bertanggung jawab, dan tidak bisa dipercaya," terang Moh Nasir.

Dikatakan, revolusi mental bisa dimulai dari perubahan pola pikir dan perilaku yang berkebalikan. Contohnya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X