Kemendikbud Beri Materi Persiapan Seleksi Guru PPPK 2021

Kompas.com - 23/11/2020, 18:02 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ketika mengumumkan rencana seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 pada Senin (23/11/2020) di YouTube Kemendikbud RI. DOK. KOMPAS.com/ELISABETH DIANDRA SANDIMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ketika mengumumkan rencana seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 pada Senin (23/11/2020) di YouTube Kemendikbud RI.

KOMPAS.com - Berbeda dari tahun lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) akan memberikan materi persiapan bagi pendaftar seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) 2021. 

Lewat kanal YouTube resmi Kemendikbud RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, Kemendikbud menyediakan materi persiapan untuk pendaftar sebagai upaya memastikan guru- guru honorer mendapatkan kesempatan yang adil.

Baca juga: Mendikbud: Kuota Seleksi Guru PPPK 2021 Tidak Dibatasi

"Kemendikbud ingin memastikan bahwa guru-guru honorer kita mendapat kesempatan yang adil bahwa mereka bisa mendapatkan materi pembelajaran secara daring (online) untuk semuanya, untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi," lanjut Nadiem.

Dalam pertemuan virtual bertajuk "Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021", ia memastikan bahwa akan ada banyak pelatihan daring berupa modul yang guru dapat ikuti secara mandiri demi mempersiapkan diri untuk ujian seleksi.

Masalahnya Nadiem melihat, standar ujian seleksi PPPK harus mencerminkan kualitas yang baik dan memberikan manfaat peserta didik nantinya.

"Itu adalah suatu hal yang sangat penting untuk menjaga kualitas mutu pembelajaran anak-ank kita itu masih terjaga," kata Nadiem. 

Kesempatan ujian sampai tiga kali

Sebelumnya, Nadiem mengamati bahwa setiap guru pendaftar hanya mendapatkan rata-rata sebanyak satu kali per tahun untuk mengikuti ujian seleksi. 

Maka dari itu pada seleksi guru PPPK 2021, Nadiem memberikan kesempatan untuk guru mengikuti ujian sampai tiga kali.  

"Jadi kalau dia gagal pada kesempatan yang pertama, dia dapat belajar lagi, belajar ulang, dan mengulang ujian hingga dua kali lagi. Jadi totalnya itu bisa mengambil tiga kali tes tersebut," jelasnya.

Kesempatan untuk mengulang ujian seleksi ini dapat dilakukan pada 2021 atau tahun berikutnya karena seleksi guru PPPK akan menjadi program yang berkesinambungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X