Kompas.com - 23/11/2020, 15:32 WIB
Afriyanti Sumboja sebagai pemenang LIPI Young Scientist Awards 2020 yang merupakan peneliti dan pendidik di Institut Teknologi Bandung. DOK. LIPIAfriyanti Sumboja sebagai pemenang LIPI Young Scientist Awards 2020 yang merupakan peneliti dan pendidik di Institut Teknologi Bandung.

KOMPAS.com – Melalui surat elektronik, Afriyanti Sumboja selaku peraih penghargaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Young Scientist Award (LYSA) 2020 menceritakan kisahnya kembali ke Indonesia untuk memajukan pendidikan dan penelitian.

“Alasan terbesar kembali ke Indonesia karena kangen dan saya memang ingin berkontribusi dalam memajukan pendidikan dan penelitian di Indonesia,” jelas Afriyanti pada Senin (23/11/2020) kepada Kompas.com.

Setelah tiga belas tahun Afriyanti berada di Singapura untuk belajar dan menjadi peneliti, ia pun kembali ke Indonesia sekaligus memutuskan untuk menjadi salah satu pendidik Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca juga: Masuk Top 2% World Ranking Scientists, Guru Besar ITS Riset Ini

Pasalnya, ia pernah memiliki pengalaman membimbing mahasiswa magang selama kurang lebih empat tahun bekerja sebagai peneliti di Singapura.

Afriyanti pun merasa puas bila mahasiswa magang dapat melakukan proyek penelitian dengan baik. Akhirnya, koleganya menyarankan Afriyanti untuk bekerja di perguruan tinggi.

“Kolega saya pun merasa seperti itu dan bahkan ada yang menyarankan bahwa saya lebih cocok bekerja di kampus, di mana ada kesempatan untuk mengajar, membimbing mahasiswa, dan juga meniliti,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski sejak kecil tidak memiliki cita-cita menjadi seorang dosen, tetapi Afriyanti pun memutuskan untuk mencoba bergabung dengan ITB.

Kini Afriyanti menjadi dosen di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB dan ia suka untuk melakukan pekerjannya setiap hari.

“Ternyata setelah dua tahun menjadi pengajar sekaligus peneliti di ITB, saya suka dengan apa yang saya kerjakan setiap harinya. Bagi saya, apapun jenis pekerjaannya, pekerjaan haruslah sesuatu yang kita suka dan punya passion dalam mengerjakannya,” cerita Afriyanti.

Berkat pengalaman dan prestasinya di bidang ilmu pengetahuan serta teknologi, Afriyanti menjadi peneliti muda ke-5 (di bawah 40 tahun) yang memeroleh penghargaan nasional dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bernama LIPI Young Scientis Award (LYSA).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.