Rektor UGM: Ini 4 Hal Kontribusi Filsafat Bangun Tata Dunia Baru

Kompas.com - 22/11/2020, 10:21 WIB
Ilustrasi pandemi covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi pandemi covid-19
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara membuat tatanan baru dunia. Ada banyak hal baru yang dialami semua orang.

Terkait hal itu, Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada ( UGM) menggelar International Conference on Nusantara Philosophy (ICNP) secara daring, Sabtu (21/11/2020).

Dikutip dari laman UGM, Minggu (22/11/2020), Dekan Fakultas Filsafat UGM, Dr. Arqom Kuswanjono mengatakan, konferensi yang ke delapan ini bertujuan untuk menggali berbagai pemikiran dan hasil riset para pakar dan peneliti dari berbagai negara.

Terutama dari Indonesia, Malaysia dan Korea Selatan, terkait kontribusi filsafat dan kearifan lokal dalam rangka membangun tatanan dunia baru di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Akademisi UGM: Libur Panjang, Pelaku Wisata Harus Edukasikan Ini

Sebagai pembicara kunci, Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., menyatakan, ada 4 point penting terkait kontribusi filsafat dan kearifan lokal dalam membangun tata dunia baru di masa pandemi Covid-19.

1. Filsafat nusantara dapat dikembangkan untuk merumuskan dan menjawab:

  • Problematic fundamental kekinian
  • Tantangan dan kebutuhan masa depan dengan berbekal pada pengalaman, kegagalan, dan kejayaan masa lalu.

2. Filsafat nusantara dapat berkontribusi untuk:

  • Mengelola cara pandang positif tentang pandemi ini, dari musibah menjadi berkah.

3. Filsafat nusantara dapat:

  • Berkembang dengan baik manakala mampu menempatkan kepentingan lokal, nasional, dan global secara cantik dan proporsional.

4. Filsafat nusantara dapat:

  • Mewadahi keanekaragaman perspektif di dunia menjadi warna-warni, sehingga tidak harus saling mengeliminasi tetapi saling melengkapi.

Sedangkan pembicara lain, Prof. Mukhtasar Syamsuddin mengatakan, bangsa Indonesia telah memiliki filosofi dan kearifan lokal yang kuat untuk mengatasi pandemi Covid-19 yakni Pancasila.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X