Jurusan Ini Banyak Dicari Calon Mahasiswa di Era Industri 4.0

Kompas.com - 21/11/2020, 20:48 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi

KOMPAS.com - Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan besar pada dunia kerja dan industri saat ini. Bahkan, dunia kerja saat ini dan di masa mendatang membutuhkan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan industri 4.0.

Demi memperoleh keterampilan di industri 4.0, kalian bisa memilih jurusan yang menjadi unggulan di era revolusi industri 4.0.

Baca juga: UMN Kembali Wisuda 383 Mahasiswa lewat Teknologi AR

Mengutip laman instagram resmi Ditjen Dikti, Sabtu (21/11/2020), menyebutkan bahwa ada empat jurusan yang menjadi unggulan calon mahasiswa di era revolusi industri 4.0. Keempat jurusan ingin lulusannya dibutuhkan oleh perusahaan yang konsen pada industri 4.0.

Nah, mari kalian simak dengan baik, agar mengenal dengan jelas jurusan yang menjadi unggulan di era revolusi industri 4.0, seperti di bawah ini:

1. Bisnis digital

Jurusan ini merupakan rumpunan ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital. Secara umum, jurusan ini ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai bidang startup digital dan market place.

Ilmu yang akan didapat kalian dari jurusan ini merupakan perpaduan dari bidang ilmu manajemen, hukum bisnis, sistem informasi, ilmu tentang e-commerce, hingga teknik informatika.

Adapun prospek kerja dari jursan ini, seperti Manager Akun Digital, Analisis Bisnis Digital, Koordinator Binsis Digital, dan Ahli Bisnis Digital.

2. Teknik robotika dan artificial intelligence

Robotica merupakan salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu, seperti sistem mekanika, elektronika, dan komputer. Di sisi lain, artificial intelligence sebagai suatu disiplin ilmu komputer mempunyai aplikasi yang luas untuk mendukung pengambilan keputusan.

Kedua jurusan ini berfokus pada pengembangan integrasi antara robotica dan artificial intelligence untuk menghasilkan sistem yang cerdas (autonomous) yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang.

Kemampuan dan pengetahuan yang akan dipelajari dari jurusan ini, seperti mencakup sains dasar, teknologi informasi, pemrograman dasar, desain, aplikasi robotica, dan kecerdasan buatan serta integrasinya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X