Isi Waktu Akhir Pekan dengan Tonton 5 Film Bertema Pendidikan

Kompas.com - 21/11/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi streaming film di laptop. ShutterstockIlustrasi streaming film di laptop.

KOMPAS.com – Menonton film bertema pendidikan merupakan salah satu alternatif untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Studi dari Journal for Learning Through the Arts menunjukkan bahwa film dapat membantu seseorang memahami dan mengenali pesan moral dari tokoh.

Meski tujuannya untuk menghibur, tetapi film juga dapat memberikan inspirasi dan mengembangkan pengetahuan dari sudut pandang orang lain.

Baca juga: 5 Drama Korea Selatan Ini Bisa Motivasi Semangat Belajar Siswa

Maka dari itu, Kompas.com merangkum lima film yang dapat menginspirasi peserta ajar, pendidik, dan juga orang tua dalam dunia pendidikan di akhir pekan.

1. X + Y (A Brilliant Young Mind)

Bagi penikmat film perjuangan dengan sedikit kisah romantis, film “X + Y” garapan Morgan Matthews dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Nathan Ellis (Asa Butterfield) merupakan seorang remaja dari Inggris yang ahli dalam matematika, tetapi mengidap gangguan spektrum autisme.

Sejak mengalami kecelakaan, Nathan gemar ‘bermain’ dengan angka, termasuk bilangan prima. Maka dari itu, ia pun mengikuti seleksi dan menjadi perwakilan Inggris untuk mengikuti Olimpiade Matematika Internasional.

Nathan bersama ibunya, Julie (Sally Hawkins) pergi ke Taiwan untuk melakukan pelatihan. Di sana, Nathan belajar untuk mengungkapkan perasaan dengan kata-kata yang bagi sebagian besar pengidap autisme merupakan tantangan besar.

Lewat film ini, penonton dapat melihat perjuangan Nathan dan lingkungan positif yang diciptakan orangtua serta teman sekitarnya.

2. Naura and Genk Juara

Mengusung konsep drama musikal seperti “Petualangan Sherina”, Eugene Panji menyuguhkan film keluarga yang membahas mengenai perwakilan tiga siswa untuk bersaing dalam kompetisi sains.

Naura, Okky, dan Bimo merupakan teman satu regu yang terpilih mewakili sekolahnya pada perlombaan tersebut di acara Kemah Kreatif, Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.

Akan tetapi dalam perjalanannya, tiga sekawan tersebut harus berhadapan dengan Trio Licik yang merupakan kelompok sindikat perdangangan hewan liar.

Kisah “Naura and Genk Juara” dapat mengambarkan hasil dari kreativitas dan perjalanan suatu kompetisi dengan menanamkan nilai cinta pada lingkungan.

3. Spare Parts

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X