Hari Guru Nasional 2020, GTK Gelar Apresiasi Guru Inovatif dan Inspiratif

Kompas.com - 20/11/2020, 16:57 WIB
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menggelar Apresiasi bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar yang dilaksanakan secara daring, 20 November 2020. DOK. GTKDirektorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menggelar Apresiasi bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar yang dilaksanakan secara daring, 20 November 2020.

KOMPAS.com - Kemendikbud melalui Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK) mendorong guru tidak patah semangat memberikan pembelajaran kepada siswa dan mengawal agar hak peserta didik tetap terlayani.

"Dalam pandemi ada pembelajaran yang bisa kita ambil. Semoga pandemi tidak mematahkan semangat untuk membelajarkan puteri puteri kita, untuk mengawal hak peserta didik tetap terlayani," pesan Direktur GTK Pendidikan Dasar (Dikdas), Rachmadi Widdiarto.

Permintaan ini disampaikan Direktur GTK Dikdas dalam "Apresiasi bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar" yang dilaksanakan secara daring, 20 November 2020.

Lebih jauh ia menjelaskan, masa pandemi juga memberikan dampak positif di mana guru dan kepala sekolah kini semakin memanfaatkan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) serta lebih intens dalam membangun komunikasi dengan orangtua.

"Hal ini memberdayakan ekosistem pendidikan kita secara lebih strategis. Bapak Ibu tidak pernah berhenti untuk menginspirasi rekan guru yang lain. Kami sangat mengapresiasi peran aktif bapak ibu selama ini," ungkap Rachmadi.

Baca juga: Subsidi Gaji Guru Honorer akan Dipotong 5-6 Persen

Bukan tujuan akhir

Direktur GTK Dikdas juga berharap, apresiasi ini bukan menjadi tujuan akhir yang membuat lengah dan membuat lupa apa tujuan sebagai pendidik.

"Ini adalah start awal mengemban amanah yang lebih berat lagi; memberdayakan ekosistem pendidikan sehingga student outcome kita dapat kita akselerasi bersama, mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik," pesan Rachmadi.

 

Ketua Pelaksana, Romi Siswanto, dalam rilis resmi (20/11/2020) menjelaskan apresiasi kepada guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP ini merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Guru Nasional 2020 yang mengangkat tema “Membangkitkan Semangat, Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Romi menyampaikan, apresiasi tahun ini diberikan dalam 8 kategori, yaitu: Guru SD Inovatif, Guru SMP Inovatif, Kepala Sekolah SD Inovatif, Kepala Sekolah SMP Inovatif, Guru SD Inspiratif, Guru SMP Inspiratif, Kepala Sekolah SD Inspiratif, dan Kepala Sekolah SMP Inspiratif.

Kegiatan apresiasi, jelas Romi, diselenggarakan untuk memberikan apresiasi terhadap kinerja atau karya guru dan kepala sekolah yang telah mengembangkan profesi kependidikanya secara luar biasa dan telah berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang pendidikan.

Kegiatan berlangsung selama 1-20 November 2020 diikuti 841 peserta berasal dari 34 provinsi dan 5 SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri), yang diseleksi menjadi 20 besar untuk masing-masing kategori.

Penerima penghargaan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X