Mahasiswa UI Raih Penghargaan Kompetisi Artificial Intelligence Internasional

Kompas.com - 17/11/2020, 14:36 WIB
Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI. Dok. UIKain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.

KOMPAS.com - Sembilan mahasiswa Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih tiga penghargaan dalam kompetisi yang diadakan oleh komunitas profesional Artificial Intelligence ( AI) global AI4IMPACT.

Kompetisi ini juga berkolaborasi dengan perusahaan teknologi Singapura Terra AI dan komunitas Business Indonesia – Singapore Association (BISA), dan didukung KBRI Singapura.

Dalam kompetisi Chatbot Finance Datathon 2020 yang digelar secara daring tersebut, mahasiswa Vokasi UI berhasil meraih tiga penghargaan Technical Excellence Award atas karya chatbot.

Baca juga: 3 Perguruan Tinggi Terinovatif 2020 Versi Kemenristek-BRIN

Chatbot merupakan aplikasi chat otomatis yang dapat diaplikasikan di website perusahaan atau platform lainnya untuk membantu komunikasi dua arah antara pengguna informasi dengan operator.

Pada babak final, mahasiswa Vokasi UI yang tergabung ke dalam tiga tim bersaing dengan 30 nominator chatbot dari total 120 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Singapura, Hong Kong, dan Indonesia.

Salah satu dari tiga karya chatbot rancangan mahasiswa adalah Sharikuy Chatbot Education of Islamic Finance, karya Nvidia Rifa, Rio Andrian, dan Ellisa Ade.

Sharikuy merupakan chatbot edukatif untuk memperkenalkan produk keuangan syariah, investasi syariah, rekomendasi produk syariah, serta keuntungan dari syariah.

Rancangan kedua adalah Vesta Chatbot Stock invest 4 dummies karya Aulia Akbar, Dede Deniawan, dan Febe Pesta.

Baca juga: 7 Bidang Ilmu Universitas Brawijaya Masuk Peringkat Dunia THE WUR 2021

Vesta Chatbot ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman investasi khususnya investasi saham.

Ketiga, rancangan dari Alodiazada, M.Fadhil dan Nengsi Pakpahan, yang menciptakan Mr Cuan Chatbot advisory financial banking.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X