Sandiaga Ajak Mahasiswa Jadi Pelaku Digital Marketing Pulihkan Ekonomi

Kompas.com - 16/11/2020, 18:01 WIB
Sandiaga Uno dalam webinar Bincang Inovasi dan Kewirausahaan yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud, Kamis, 22 Oktober 2020. DOK. YOUTUBE/PUSPRESNASSandiaga Uno dalam webinar Bincang Inovasi dan Kewirausahaan yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud, Kamis, 22 Oktober 2020.

KOMPAS.com - Pelaku digital marketing berpeluang besar di masa pandemi Covid-19. Bahkan, mereka bisa membawa Indonesia bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Hal itu dikatakan praktisi bisnis, Sandiaga Uno, saat menjadi pembicara dihadapan mahasiswa Program Studi Bisnis Digital Universitas Padjajaran ( Unpad), pada Minggu, 15 November 2020.

Baca juga: 5 Tips Jadi Mahasiswa Tingkat Akhir

"Digitalisasi menghadirkan begitu banyak kreativitas dan menjadi salah satu jalan menuju kepulihan ekonomi," ungkap Sandiaga Uno melansir laman Unpad.

Digital marketing, kata Sandiaga, juga merupakan bagian dari adaptasi di masa pandemi. Berbagai kontendi digital marketing yang viral di media sosial (medsos), itu menunjukkan bahwa media digital sangat mendukung lahirnya kreativitas yang baru.

Maka dari itu, bilang dia, pelaku digital marketing wajib memahami tren perilaku masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Kita perlu petakan consumen journey di rumah, sehingga kita bisa tahu apa yang bisa diisi," ujar dia.

Dia menyebutkan, ada beberapa tren yang kini naik daun selama pandemi, seperti banyaknya pemanfaatan video digital, peningkatan aktivitas belanja daring, melonjaknya aktivitas e-sport, hingga peningkatan produk kesehatan rumahan.

Banyaknya aspek tersebut, lanjut dia, bisa menjadi peluang bagi generasi milenial untuk membuka usaha.

Dalam membuka usaha, dia menekankan, tidak melulu berawal dari modal yang besar. Adapun cara mudah yang bisa dilakukan, yakni dengan cara menjadi reseller atau dropshipper.

Baca juga: Mahasiswa, Intip 5 Cara Tingkatkan IPK Saat di Masa PJJ

"Perlahan usaha terus tumbuh hingga akhirnya mampu memulihkan ekonomi dan bangkit dari keterpurukan," tukas Sandiaga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X