Ditjen Pendidikan Vokasi MoU PT INKA, Simak Tujuannya

Kompas.com - 16/11/2020, 13:59 WIB
Program Manufacture ditandai dengan penandatanganan MoU antara PT INKA dengan Ditjen Vokasi Kemendikbud, serta Poltek Madiun. Nampak pihak-pihak yang terkait menunjukkan nota kesepakatan yang sudah ditandatangani. KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWIProgram Manufacture ditandai dengan penandatanganan MoU antara PT INKA dengan Ditjen Vokasi Kemendikbud, serta Poltek Madiun. Nampak pihak-pihak yang terkait menunjukkan nota kesepakatan yang sudah ditandatangani.
|

KOMPAS.com - Saat ini, pemerintah terus mendorong agar pendidikan vokasi bisa sejalan dengan dunia industri dan dunia usaha.

Untuk itulah, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) mengajak PT Industri Kereta Api ( INKA).

Tentu untuk berkomitmen memajukan dunia pendidikan, melalui program SMK-Diploma 2 Jalur Cepat dan Program Peningkatan Prodi Diploma 3 menjadi Sarjana Terapan dan Manufacture Institute PT INKA (Persero).

Melansir akun Instagram Ditjen Pendidikan Vokasi, direktorat dan PT INKA meluncurkan program Manufacture Institute, yang ditandai dengan penandatangan MoU antara INKA dengan Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, serta Poltek Madiun, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Hadapi Bonus Demografi, Pendidikan Vokasi Harus Seperti Ini

Manufacture Institute merupakan penugasan dari Kementerian BUMN dalam rangka mengembangkan kapasitas dan kompetensi SDM lulusan SMK/vokasi serta mempersiapkan talent-talent di masa depan yang lebih produktif dan kompetitif.

Program ini juga merupakan bentuk kerjasama strategis antara Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI, PT INKA, Politeknik Negeri Madiun beserta SMK-SMK Binaan.

Peran industri pada pendidikan

Selain itu, program ini merupakan salah satu wujud nyata peran industri dalam rangka link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri.

Menurut Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro, salah satu realisasi dari program Manufacture Institute ini adalah Program Peningkatan Prodi Diploma 3 menjadi Sarjana Terapan.

Serta Program SMK - Diploma 2 Jalur Cepat yang dalam waktu dekat ini akan dibuka yaitu Program Studi D2 Pembentukan Logam.

Sebagai pilot project, PT INKA akan menggandeng Politeknik Negeri Madiun dan SMK PGRI 1 Mejayan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X